Jelang Lebaran, pedagang kulit ketupat raup untung

Selasa, 06 Agustus 2013 - 19:40 WIB
Jelang Lebaran, pedagang kulit ketupat raup untung
Jelang Lebaran, pedagang kulit ketupat raup untung
A A A
Sindonews.com - Jelang Hari Raya Idul Fitri, pengrajin ketupat mulai kebanjiran order. Masyarakat mulai berbondong-bondong membeli ketupat untuk keperluan Lebaran.

Berdasarkan pantauan, banyak pengrajin ketupat mulai memenuhi sudut-sudut pasar Johar Kota Semarang, Jawa Tengah. Dengan hanya duduk di teras-teras toko, para pedagang musiman tersebut menggelar dagangannya berupa kulit ketupat kosong kepada pembeli.

Warsin (65), salah seoramg pengrajin ketupat asal Salatiga mengatakan, sudah lebih dari 10 tahun ia menjual ketupat di Pasar Johar Kota Semarang. Bagi dia, moment jelang Lebaran seperti ini adalah waktu yang tepat bagi dia untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya.

"Hasilnya lumayan, sehari bisa menghabiskan 1.500 ketupat, jika ditotal uangnya bisa mendapat Rp400.000," kata dia kepada Koran SINDO di lokasi, Selasa (6/8/2013).

Penghasilan dari menjual ketupat menjelang Lebaran ini, imbuh Warsin, dapat dijadikan tumpuan hidup menjelang Hari Raya. Maklumlah, bapak dari tiga anak ini hanya bekerja sebagai kuli bangunan setiap harinya.

"Meski hanya satu tahun sekali, namun hasilnya lumayan, bisa untuk membeli roti, makanan dan kebutuhan Lebaran lainnya. Selain itu, bisa juga dijadikan untuk membayar zakat fitrah," imbuhnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4032 seconds (0.1#10.140)