Tarif angkutan naik hingga 100 persen

Rabu, 15 Agustus 2012 - 02:01 WIB
Tarif angkutan naik hingga 100 persen
Tarif angkutan naik hingga 100 persen
A A A
Sindonews.com - Musim Lebaran 2012, para pemudik harus merogoh koceknya lebih dalam. Karena sejumlah perusahaan otobus (PO) mulai menaikan tarif hingga 100 persen. Kenaikan ini dianggap wajar karena tidak melebihi aturan pemerintah.

Begitu terminal mulai dijejali pemudik, Sejumlah angkutan umum dengan trayek perjalanan antar kota dalam propinsi (AKDP) di Kabupaten Tulungagung mulai berlomba-lomba menaikkan tarif.

Beberapa PO memilih kenaikan di angka 30 persen. Seperti PO Harapan Jaya, untuk ongkos ke Surabaya (dari Tulungagung) yang sebelumnya Rp17 ribu kini menjadi Rp22 ribu. Tarif yang sama juga diberlakukan PO Pelita Indah yang berkantor di Kabupaten Treggalek.

Sementara beberapa bus kelas ekonomi dengan trayek Blitar-Tulungagung telah menaikkan tarif 100 persen. Dari semula ongkos hanya Rp7 ribu menjadi Rp14 ribu.

Manager Operasional PO Harapan Jaya Bambang Agus Santoso mengaku, kenaikan yang terjadi bukan kenaikan tuslah Lebaran.

“Perubahan harga yang terjadi masih menggunakan patokan ambang atas dan bawah yang ditentukan pemerintah,“ ujarnya kepada wartawan, Rabu (15/8/2012).

Mengenai terjadinya kenaikan tarif yang mencapai 100 persen, Bambang yang juga sebagai Ketua Organda Tulungagung tidak serta merta menyalahkan awak bus di lapangan. Ia justru menjelaskan bahwa tarif tersebut sesuai ketentuan batas bawah dan atas.

Tarif angkutan tidak boleh kurang dari Rp89 per kilometer dan tidak boleh melebihi Rp139 per kilometer. “Kalau di luar ketentuan itu bisa dikenai sanksi. Karena tidak ada tuslah, kita memakai batas atas Rp139 per kilometer,“ jelasnya.

Sementara kenaikan tarif 100 persen dikeluhkan sejumlah penumpang yang hendak bepergian dari Blitar ke Tulungagung.

Sofi (25) seorang penumpang asal Kota Blitar terpaksa harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk bepergian ke Tulungagung. “Kondekturnya juga tidak mau dibayar tarif lama dengan alasan menjelang Lebaran,“ tuturnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3844 seconds (0.1#10.140)