Jelang Ramadan, warga Padang ikuti tradisi Balimau

Jum'at, 20 Juli 2012 - 20:32 WIB
Jelang Ramadan, warga Padang ikuti tradisi Balimau
Jelang Ramadan, warga Padang ikuti tradisi Balimau
A A A
Sindonews.com - Ada suatu tradisi di Sumatera Barat (Sumbar) yang sudah berlangsung secara turun temurun hingga sekarang dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan. Tradisi ini dikenal dengan tradisi Balimau, yakni tradisi mensucikan diri dengan cara mandi di sungai dengan menggunakan rempah-rempah dari daun jeruk.

Ratusan orang memadati tempat wisata Pemandian Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang, Sumbar. Ratusan orang ini tiap tahunnya berdatangan ke tempat ini untuk melakukan tradisi Balimau dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan. Balimau adalah tradisi turun temurun di Ranah Minang yang berarti menyucikan diri dengan mandi di sungai.

"Lama-kalamaan tradisi ini sudah berubah menjadi ajang hura-hura, makanya tidak heran banyak terjadinya insiden atau kecelakaan saat digelarnya tradisi ini," ujar salah seorang warga Emi menjelaskan, Jumat (20/7/2012).

Balimau biasanya menggunakan rempah-rempah dari daun jeruk dan wewangi-wewangian lainnya. Tidak jarang di tempat wisata sering dijumpai para pedagang rempah limau ini. Konon katanya jika tidak mandi dengan limau ini maka puasanya kurang sempurna.
(azh)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6041 seconds (0.1#10.140)