alexametrics

Belajar Qur'an Selepas Ramadhan

loading...
Belajar Qur\an Selepas Ramadhan
Salah satu sarana untuk bisa membaca tafsir Qur'an dengan mudah dan baik adalah dengan mengunjungi website TafsirWeb.com. Foto/Ist
Sudah sekitar dua bulan suci Ramadhan 2019 berlalu. Mudah-mudahan Ramadhan kita yang telah berlalu Allah terima dan menjadikan kita semakin bertakwa, sebagaimana diharapkan dalam Surat Al-Baqarah ayat 183:
Belajar Qur'an Selepas Ramadhan

"Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa". [QS Al-Baqarah 183]

Menurut para ulama, di antara salah satu tanda diterimanya amal ibadah kita di bulan Ramadhan adalah konsistensi kita untuk tetap mengerjakan ibadah yang kita kerjakan selama berada di bulan tersebut. Misalnya selama Ramadhan kita konsisten mengerjakan ibadah shalat malam, maka di luar Ramadhan pun kita tetap mengerjakannya. Jika kita selama Ramadhan kemarin konsisten bershadaqah, di luar Ramadhan pun kita tetap mengerjakannya.

Di antara ibadah yang banyak dilakukan dan secara umum frekuensinya meningkat di bulan Ramadhan adalah ibadah tilawah Al-Qur'an. Kami yakin Anda pun meningkat frekuensi membaca Qur'annya di bulan Ramadhan kemarin. Nah, agar kebiasaan baik yang telah dibangun tersebut tidak hilang, maka alangkah baiknya jika sekarang pun terus mengerjakannya. Meneruskan kebiasaan yang telah dibuat insyaaAllah akan lebih mudah daripada memulai sebuah kebiasaaan baik yang baru.

Meningkatkan Kualitas Bacaan Qur'an

Sebagaimana kata pepatah bahwa kita disebut beruntung jika pada hari ini kita lebih baik kondisinya dibandingkan dengan hari kemarin. Demikian juga dalam ibadah, kita beruntung jika ibadah kita lebih baik dari sebelumnya.



Terkait dengan ibadah membaca Qur'an ini, tentunya kita pun harus semakin baik dibanding sebelumnya. Jika sebelumnya belum bisa membaca Qur'an, bisa coba ikuti kursus baca Qur'an yang diadakan oleh BisaQuran.com, insyaaAllah buku dan video panduannya sangat membantu kita untuk bisa membaca Qur'an mulai dari nol.

Bagi yang sudah bisa membaca, kebanyakan kita hanya sekedar membaca ayatnya saja. Padahal Qur'an sangatlah indah dan memiliki makna yang mendalam, yang hanya dapat diketahui maknanya dengan ilmu tafsir. Nah, untuk hal ini kami menyarankan ibadah tilawah Al-Qur'an yang Anda lakukan agar dibarengi dengan membaca tafsir ayat-ayat terkait.

Salah satu sarana untuk bisa membaca tafsir Qur'an dengan mudah dan baik adalah dengan mengunjungi website TafsirWeb.com. Situs TafsirWeb adalah salah satu website yang dibuat khusus untuk memberi kemudahan ummat Islam dalam memahami isi kandungan Al-Qur’an.

Situs sederhana yang penuh manfaat ini menampilkan tafsir ayat-ayat al-Qur’an dari berbagai otoritas tafsir yang terpercaya seperti: Tafsir Kementerian Agama RI, Tafsir Kementerian Agama KSA, Tafsir Al-Mukhtashar di bawah asuhan Syaikh Dr Shalih Alu Syaikh (Imam Masjidil Haram), dan lain sebagainya. Tampilan TafsirWeb yang dibuat dalam format yang mudah dan nyaman dibaca, insyaaAllah akan sangat membantu kita dalam memahami tafsir ayat-ayat yang kita baca.

Kenapa Harus Membaca Tafsir?
Memahami tafsir bukanlah suatu hal yang tidak penting. Hal ini sangat penting bahkan sangat penting. Dengan mengetahui makna dari ayat-ayat yang kita baca, maka insyaaAllah kita tidak akan bingung dan tidak akan salah arah. InsyaaAllah dengan memahami tafsir Qur'an pun kita akan menjadi lebih menghayati ayat-ayat yang kita baca, membuat kita lebih ingin memperbaiki diri kita, membuat kita menjadi lebih takut kepada Allah Ta'ala, dan lain sebagainya.

Maka, mari kita tingkatkan kualitas ibadah kita walaupun Ramadhan telah berlalu. Perbaiki bacaan kita, tambahkan ilmu kita. Moga dengannya Allah menjadi ridha kepada kita, walau kita sendiri sadar bahwa diri kita penuh dengan kekurangan dalam kuantitas dan kualitas ibadah kita. Allahu A'lam.
(rhs)
preload video
cover top ayah
هُوَ الَّذِىۡ خَلَقَكُمۡ مِّنۡ تُرَابٍ ثُمَّ مِنۡ نُّطۡفَةٍ ثُمَّ مِنۡ عَلَقَةٍ ثُمَّ يُخۡرِجُكُمۡ طِفۡلًا ثُمَّ لِتَبۡلُغُوۡۤا اَشُدَّكُمۡ ثُمَّ لِتَكُوۡنُوۡا شُيُوۡخًا ؕ وَمِنۡكُمۡ مَّنۡ يُّتَوَفّٰى مِنۡ قَبۡلُ وَلِتَبۡلُغُوۡۤا اَجَلًا مُّسَمًّى وَّلَعَلَّكُمۡ تَعۡقِلُوۡنَ
Dialah yang menciptakanmu dari tanah, kemudian dari setetes mani, lalu dari segumpal darah, kemudian kamu dilahirkan sebagai seorang anak, kemudian dibiarkan kamu sampai dewasa, lalu menjadi tua. Tetapi di antara kamu ada yang dimatikan sebelum itu. (Kami perbuat demikian) agar kamu sampai kepada kurun waktu yang ditentukan, agar kamu mengerti.

(QS. Ghafir:67)
cover bottom ayah
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak