alexametrics

Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku' dan Sujud?

loading...
Berapakah Jumlah Tasbih yang Dibaca Ketika Ruku dan Sujud?
Ilustrasi gerakan bersujud. Foto/Ist
Berikut penjelasan Ustaz Abdul Somad (UAS), dai lulusan S2 Darul-Hadits Maroko mengenai jumlah tasbih dan bacaan pada ruku' dan sujud. Penjelasan UAS ini dikutip dari bukunya "77 Tanya-Jawab Seputar Shalat" yang dipersembahkan oleh Tafaqquh Study Club. (Baca Juga: Cara Mengangkat Kedua Tangan Ketika Takbiratul-Ihram)

Berikut Penjelasannya:
Imam Ibnu Qudamah menyebutkan satu riwayat dari Imam Ahmad: Imam Ahmad bin Hanbal berkata dalam risalahnya, "Terdapat riwayat dari Al-Hasan Al-Bashri bahwa ia berkata: "Tasbih yang sempurna itu tujuh, pertengahan itu lima dan yang paling sedikit itu tiga."

Apakah Bacaan pada Ruku'?


Riwayat Pertama:
Rasulullah SAW ketika ruku' mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung) tiga kali". (HR. Abu Daud, at-Tirmizi, Ibnu Majah, ad-Daraquthni dan ath-Thabrani dalam al-Mu’jam al-Kabir).

Riwayat Kedua:

Rasulullah SAW ketika ruku’ mengucapkan: "Subhana rabbiyal 'azhimi wa bihamdihi (Maha Suci Tuhanku Yang Maha Agung dan dengan Pujian-Nya) tiga kali". HR Abu Daud, ad-Daraquthni dan al-Baihaqi dalam as-Sunan al-Kubra).



Riwayat Ketiga:
Dari Aisyah, ia berkata: "Rasulullah SAW banyak membaca pada ruku’ dan sujudnya: "Subhanaka Allahuma wa bihamdika Allahumaghfirli (Maha Suci Engkau Ya Allah dan dengan pujian-Mu Ya Allah ampunilah aku)". (HR. Ibnu Majah dan Ahmad bin Hanbal).

Riwayat Keempat:
Dari Mutharrif bin Abdillah bin asy-Syikhkhir, sesungguhnya Aisyah memberitahukan kepadanya bahwa Rasulullah SAW mengucapkan pada ruku' dan sujudnya: "Subbuhun Quddusun Robbul-Malaaikati warruh (Maha Suci, Maha Memberi berkah, Tuhan para malaikat dan Jibril)". (HR. Muslim)

Riwayat Kelima:

Ketika ruku’ Rasulullah SAW membaca: "Allahumma laka raka'tu, wa bika amantu, wa la aslamtu khosya'a laka sam'i wa bashori wa mukhhi wa 'azhmi wa ashobi (Ya Allah kepada-Mu aku ruku', dengan-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah, kepada-Mu khusyuk telingaku, pandanganku, otakku, tulangku dan urat sarafku". (HR. Muslim)
(rhs)
preload video
cover top ayah
اَلَمۡ تَرَ اِلَى الَّذِيۡنَ تَوَلَّوۡا قَوۡمًا غَضِبَ اللّٰهُ عَلَيۡهِمؕۡ مَّا هُمۡ مِّنۡكُمۡ وَلَا مِنۡهُمۡۙ وَيَحۡلِفُوۡنَ عَلَى الۡكَذِبِ وَهُمۡ يَعۡلَمُوۡنَ
Tidakkah engkau perhatikan orang-orang (munafik) yang menjadikan suatu kaum yang telah dimurkai Allah sebagai sahabat? Orang-orang itu bukan dari kaummu dan bukan dari kaum mereka. Dan mereka bersumpah atas kebohongan, sedang mereka mengetahuinya.

(QS. Al-Mujadilah:14)
cover bottom ayah
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak