alexametrics

Inilah Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan

loading...
Inilah Amalan 10 Hari Terakhir Bulan Ramadhan
Rasulullah SAW menganjurkan umatnya agar memaksimalkan ibadah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Foto/Dok SINDOnews
Diceritakan oleh Ummul Mukminin Aisyah RA, Rasulullah SAW ketika memasuki sepuluh hari terakhir Ramadhan, Beliau mengencangkan ikat pinggang, menghidupkan malamnya dan membangunkan keluarganya. Para ulama juga membagi bulan Ramadhan menjadi tiga fase yaitu fase sepuluh hari pertama Ramadhan sebagai fase rahmat, sepuluh hari pertengahan adalah fase maghfirah dan sepuluh hari terakhir adalah pembebasan dari api neraka (itqum Minannar).

Dari hadis di atas dapat disimpulkan bahwa Rasulullah memberi perhatian khusus di masa 10 hari terakhir Ramadhan ini. Beliau memaksimalkan segala bentuk ibadah dan amalan saleh.

Berikut adalah beberapa amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah:

1. Qiyamul Lail

Amalan ini dianjurkan untuk dikerjakan di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan. Qiyamul lail atau lebih dikenal dengan istilah salat malam. Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa salat malam pada bulan Ramadhan dengan keimanan dan mengharapkan pahala dari Allah, niscaya diampunilah dosa-dosanya yang telah lampau.” (Al Bukhari-Muslim)

2. Membaca Alquran (Tilawah)

Ramadhan adalah bulan menghidupkan Alquran Karena di bulan inilah Allah menurunkan pertama kali ayat Alquran. Sebagaimana firman Allah: “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat inggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur” (QS. Al Baqarah: 185)

Membaca Quran di bulan Ramadhan sangat ditekankan Rasulullah. Salah satu keutamaan orang yang membaca Quran di Bulan Ramadhan adalah dilipatgandakan pahalanya. Jika 1 huruf dihanjar 10 kebaikan (rahmat) dari Allah, maka pada bulan Ramadhan, ganjarannya bisa sampai 700 kali lipat.

3. I’tikaf atau Berdiam Diri di Masjid

I’tikaf artinya berdiam diri, yakni tetap di atas sesuatu. Sedangkan menurut syara’ ialah berdiam diri di masjid sebagai ibadah yang disunahkan untuk dikerjakan setiap waktu, lebih diutamakan pada bulan Ramadhan, khususnya pada hari kesepuluh yang terakhir, untuk mengharapkan datangnya (turunnya) lailatul qadar.

Sebagaimana hadis Nabi dari Aisyah, ia berkata: “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam beri’tikaf pada sepuluh hari yang akhir dari Ramadhan hingga wafatnya, kemudian isteri-isteri beliau pun beri’tikaf setelah kepergian beliau.” (Al-Bukhari Muslim)

Sahabat Anas RA mengatakan bahwa ia mendengar Nabi SAW bersabda: “Siapa yang beri’tikaf sehari karena mengharapkan keridhoan Allah Swt, maka Allah akan menjadikan tiga parit yang menghalanginya dari neraka. Setiap parit lebarnya melebihi dua ufuk langit,” (HR Thabrani dalam Ausath, Al-Baihaqi dan Hakim beliau mengatakan isnadnya shahih)

4. Bertaubat dan Memperbanyak Istighfar

Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak beristighfar dan bertaubat kepada Allah. Meskipun terpelihara dari dosa, Beliau adalah orang yang paling banyak mengucapkan istighfar.

Bulan Ramadhan adalah momentum untuk bertaubat dan menghidupkan istighfar. Nabi SAW bersabda: “Wahai sekalian manusia. Taubatlah (beristigfar) kepada Allah karena aku selalu bertaubat kepada-Nya dalam sehari sebanyak 100 kali.” (HR. Muslim)
halaman ke-1 dari 2
cover top ayah
وَمَا خَلَقۡتُ الۡجِنَّ وَالۡاِنۡسَ اِلَّا لِيَعۡبُدُوۡنِ
Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka beribadah kepada-Ku.

(QS. Az-Zariyat:56)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak