Ganjar Sebut Sulut Harus Jadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru di Indonesia Utara

Kamis, 01 Februari 2024 - 22:30 WIB
loading...
Ganjar Sebut Sulut Harus Jadi Pintu Gerbang Ekonomi Baru di Indonesia Utara
Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan, Sulut harus jadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi baru Indonesia wilayah utara. Foto/Arif Julianto/MPI
A A A
MANADO - Capres nomor urut 3 yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo menegaskan, Sulawesi Utara (Sulut) harus menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi baru Indonesia di wilayah utara. Banyak potensi ekonomi yang bisa dikembangkan, di antaranya potensi kelautan dan pariwisata.

Hal itu disampaikan Ganjar di hadapan puluhan ribu warga Sulut dalam acara bertajuk Hajatan Rakyat di Lapangan KONI Manado, Kamis (1/2/2024). Menurut Ganjar, masyarakat Sulut pasti sejahtera jika potensi yang ada digarap secara serius pemerintah.

"Sulut adalah wilayah di utara Indonesia dan sebagai pintu gerbang masuknya ke Indonesia dari wilayah utara. Potensi daerahnya luar biasa, maka Sulut harus menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi wilayah utara," ucapnya.



Maka, lanjut dia, seluruh kegiatan ekspor impor ke Indonesia dari wilayah utara, harus masuk ke Sulut. Dengan begitu lanjut Ganjar, maka seluruh potensi yang ada di Sulut bisa berkembang dan muncul.

"Itulah pertumbuhan ekonomi baru yang mesti kita ciptakan. Dan Sulut menjadi kontributor ekonomi besar bagi Indonesia," tegasnya.

Salah satu potensi besar Sulut yang belum dikelola dengan baik adalah sektor kelautan. Selain sumber daya di laut yang melimpah, pariwisata dan kebudayaan di Sulut juga bisa menjadi penyumbang ekonomi besar bagi Indonesia.

"Kalau bicara optimalisasi potensi laut, maka persis dengan apa yang akan kita kerjakan. Negara maritim ini mesti kita kuatkan, sumber daya kelautan, pariwisata dan budaya harus kita naikkan," ucapnya.

Untuk mewujudkan itu, fondasi yang kuat harus disiapkan. Makanya, ia memprioritaskan pembangunan SDM untuk mewujudkan cita-cita itu.

"SDM mesti kita siapkan dengan pendidikan yang terbaik. Semua masyarakat harus bisa mengakses pendidikan. Makanya kami punya program SMK Gratis Lulus Langsung Kerja serta program Satu Keluarga Miskin Satu Sarjana agar akses pendidikan bisa dirasakan oleh semua anak bangsa," terangnya.

Politisi PDIP yang juga Gubernur Sulut, Olly Dondokambey menegaskan, apa yang disampaikan Ganjar bukanlah janji belaka. Selama menjadi anggota DPR RI dan Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar telah terbukti melakukan banyak terobosan untuk menyejahterakan rakyat.

"Maka kami yakin, kalau Pak Ganjar jadi presiden, Sulut pasti akan lebih maju," ucapnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1650 seconds (0.1#10.140)