Dilanda Cuaca Ekstrem, Salju dan Suhu Beku Akan Melanda Arab Saudi

Rabu, 31 Januari 2024 - 17:59 WIB
loading...
Dilanda Cuaca Ekstrem, Salju dan Suhu Beku Akan Melanda Arab Saudi
Salju akan melanda beberapa wilayah di Saudi. Foto/Reuters
A A A
RIYADH - Pusat Meteorologi Nasional Arab Saudi memperingatkan bahwa kondisi cuaca buruk diperkirakan akan terus berlanjut di sebagian besar wilayah negara itu hingga Jumat (2/2/2024). Mereka memperkirakan di beberapa wilayah di Saudi akan turun salju dan mengalami cuaca beku.

Pusat Meteorologi Nasional juga memperingatkan kemungkinan terjadinya curah hujan ringan hingga sedang, angin permukaan berdebu, dan gelombang tinggi di tengah penurunan suhu.

Hujan ringan diperkirakan terjadi di wilayah Asir hingga Jumat, dan hujan ringan hingga sedang di wilayah Jazan dan Al-Baha, kata pusat tersebut. Hujan ringan diperkirakan terjadi di Taif, Maysan, Adham dan Al-Ardiyat hingga Kamis.

Hujan ringan juga kemungkinan besar terjadi di Tabuk, Hafr Al-Batin, Al-Khafji, Al-Eis, AlUla, Yanbu dan Khaybar pada hari Kamis dan Jumat, serta di Perbatasan Utara dan Al-Jawf dari Rabu malam hingga Jumat.



Angin permukaan yang menimbulkan debu dengan kecepatan 45 kilometer per jam atau lebih diperkirakan akan melanda wilayah Tabuk, Madinah, Makkah, Al-Jawf, Perbatasan Utara, dan Hujan Es, sehingga mengakibatkan jarak pandang rendah hingga hari Jumat. Wilayah Riyadh, Qassim dan Provinsi Timur diperkirakan akan mengalami kecepatan angin serupa yang mencapai 50 kilometer per jam, dengan hasil yang serupa.

Pusat tersebut mengatakan pihaknya memperkirakan gelombang lebih dari 2,5 meter akan terjadi di wilayah pesisir Tabuk, Madinah, Makkah, Asir dan Jazan.

Sementara itu, hujan salju ringan diperkirakan terjadi pada hari Kamis dan Jumat di Jabal Al-Lawz, juga dikenal sebagai Gunung Almond, Alaqan dan Al-Dhahr di Tabuk, serta wilayah Al-Jawf dan Perbatasan Utara.

Suhu diperkirakan turun hingga antara 5 derajat Celcius dan di bawah nol di Tabuk, Al-Jawf, Perbatasan Utara, Hail, AlUla dan Khaybar antara Rabu dan Jumat.

Pusat tersebut mendesak masyarakat untuk memeriksa pembaruan status secara online di halaman peringatan dini, akun media sosial dan aplikasi untuk informasi cuaca terkini, dan untuk berhati-hati dan mengikuti pedoman keselamatan dan instruksi yang dikeluarkan oleh pihak berwenang.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)