alexametrics

Ustaz Khalid Basalamah: Dua Kebahagiaan Bagi Orang Berpuasa

loading...
Ustaz Khalid Basalamah: Dua Kebahagiaan Bagi Orang Berpuasa
Ustaz Khalid Basalamah. Foto/Istimewa
Beruntunglah orang yang berpuasa di Bulan Ramadhan maupun di hari-hari sunnah. Betapa tidak, Allah memberikan dua kebahagiaan (kesenangan) yang tidak didapat dari ibadah atau amalan lain kecuali bagi yang berpuasa. Ustaz Khalid Basalamah dalam ceramah singkatnya di Youtobe yang diunggah Channel IndoMuslim pada 26 May 2017 menerangkan rahasia dahsyatnya pahala puasa. Ustaz Khalid menjelaskan bahwa puasa adalah ibadah yang paling besar pahalanya dan tidak ada ibadah lain yang bisa mengalahkan pahalanya.

Hadis Nabi yang diriwayatkan Al-Bukhari Muslim menyebutkan: “Seluruh amal ibadah Bani Adam (manusia) adalah miliknya (maksudnya kadar pahalanya sudah ditentukan). Dan setiap kebaikan itu akan dibalas 10 kali lipat hingga 700 kali lipat (tergantung kadar keikhlasannya).”

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda: “Setiap amalan kebaikan yang dilakukan oleh manusia akan dilipatgandakan dengan sepuluh kebaikan yang semisal hingga tujuh ratus kali lipat. Allah Ta’ala berfirman (yang artinya), “Kecuali amalan puasa. Amalan puasa tersebut adalah untuk-Ku. Aku sendiri yang akan membalasnya. Disebabkan dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku. Bagi orang yang berpuasa akan mendapatkan dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika dia berbuka dan kebahagiaan ketika berjumpa dengan Rabbnya (Allah). Sungguh bau mulut orang yang berpuasa lebih harum di sisi Allah daripada bau minyak kasturi.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)



Ustaz Khalid mengungkapkan, kegembiraan saat berbuka ada dua pendapat ulama. "Pertama kita tahu kalau kita puasa kita haus dan dapat segelas air dingin luar biasa nikmatnya. Pendapat kedua, kegembiraan saat berbuka karena kita telah berhasil mengalahkan syetan hingga masuk magrib. Kegembiraan lain adalah ketika bisa memberikan makanan kepada orang yang berbuka," jelasnya.


“Kegembiraan dan nikmat terbesar di surga adalah bisa melihat wajah sang pencipta, Allah.” tutupnya.

(rhs)
cover top ayah
فَمَنۡ يُّرِدِ اللّٰهُ اَنۡ يَّهۡدِيَهٗ يَشۡرَحۡ صَدۡرَهٗ لِلۡاِسۡلَامِ‌ۚ وَمَنۡ يُّرِدۡ اَنۡ يُّضِلَّهٗ يَجۡعَلۡ صَدۡرَهٗ ضَيِّقًا حَرَجًا كَاَنَّمَا يَصَّعَّدُ فِى السَّمَآءِ‌ؕ كَذٰلِكَ يَجۡعَلُ اللّٰهُ الرِّجۡسَ عَلَى الَّذِيۡنَ لَا يُؤۡمِنُوۡنَ
Barangsiapa dikehendaki Allah akan mendapat hidayah (petunjuk), Dia akan membukakan hatinya untuk menerima Islam. Dan barangsiapa dikehendaki-Nya menjadi sesat, Dia jadikan dadanya sempit dan sesak, seakan-akan dia (sedang) mendaki ke langit. Demikianlah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yang tidak beriman.

(QS. Al-An’am:125)
cover bottom ayah
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak