alexametrics

40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan, Nomor 16 dan 20 Sering Diabaikan (Bagian 4)

loading...
40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan, Nomor 16 dan 20 Sering Diabaikan (Bagian 4)
Menghidupkan sunnah-sunnah di Bulan Ramadhan termasuk amal saleh yang ganjarannya berlipat ganda. Foto/Istimewa
Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya “Ithaful Ikhwan” menyebutkan ada 40 sunnah-sunnah di bulan Ramadhan. Berikut lanjutan rangkumannya:

16. Mudarosah (Saling Menyimak Alquran)

Nabi Muhammad SAW menyodorkan bacaan Alqurannya kepada Malaikat Jibril AS setiap malam di bulan Ramadhan. Imam Nawawi dalam kitab Majmuknya mengatakan, “Ulama Syafiiyah mengatakan bahwa hukumnya sunnah untuk memperbanyak membaca Alquran di bulan Ramadhan dan mudarosah Alquran”. Mudarosah adalah membacakan Alquran kepada orang lain, lalu orang itu membacakan Alquran untuknya. Hikmah mudarosah adalah lebih dapat mentadaburi Alquran dan memahami makna-maknanya yang agung. [Baca Juga: 40 Sunnah di Bulan Ramadhan, Jangan Abaikan! (Bagian 1)]

17. Istiqamah Menghadiri Majlis Ilmu

Hendaknya orang yang berpuasa melazimi untuk selalu hadir dalam majlis ilmu, dzikir dan fiqih. Pahalanya sangat besar dan agung. Ibnu Abbas RA mengatakan: “Rasulullah SAW lebih dermawan di Bulan Ramadhan ketika bertemu dengan Jibril. Dan Jibril menemuinya setiap malam kemudian melakukan mudarosah Alquran.” (HR Al-Bukhari-Muslim). Para ulama mengambil kesimpulan dari hadis ini disyariatkannya untuk berdiskusi dalam kebaikan dan ilmu.

18. Menjaga Waktu untuk Dzikir

Hendaknya orang yang berpuasa memperhatikan waktunya dan berdzikir kepada Allah. Hendaknya ia menentukan waktu-waktu untuk beristigfar, bertasbih, bertahlil, berhamdalah, bersalawat kepada Nabi SAW dan lainnya. Termasuk dzikir-dzikir yang diajarkan Nabi adalah: ‘AshHadu alla ilaha illallah, astaghfirullah, nas alukal jannata wa na’udzubika minannar” (Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah, aku memohon ampunan kepada Allah. Kami memohon surga kepada-Mu dan meminta perlindungan kepada-Mu dari neraka). [Baca Juga: 40 Sunnah di Bulan Ramadhan, Nomor 10 Jangan Abaikan! (Bagian 2)]

Dalam hadis dikatakan bahwa Nabi SAW bersabda: “Perbanyaklah di dalamnya (Ramadhan) empat hal. Dua hal dapat membuat Tuhan kalian ridho dan dua hal lain adalah hal yang pasti kalian butuhan. Dua hal pertama yang dapat membuat Tuhan kalian Ridho adalah bersyahadat bahwa Tiada Tuhan selain Allah dan beristigfar kepada-Nya. Dan dua hal yang pasti kalian butuhkan adalah kalian meminta surga kepada Allah dan berlindung kepada-Nya dari neraka. (HR Ibnu Khuzaimah)

19. Berdoa di Malam dan Siang Hari

Hendaknya orang yang berpuasa banyak berdoa di siang hari Ramadhan dan di malam harinya. Orang yang berpuasa termasuk salah satu dari orang yang tidak tertolak doanya. Dalam hadits dikatakan: “Ada tiga hal yang merupakan kepastian bagi Allah untuk tidak menolak doa mereka, orang yang berpuasa sampai berbuka, orang yang dizalimi sampai mendapatkan haknya, orang yang bepergian sampai kembali.” (HR Bazzar)

Puasa juga termasuk kondisi dimana doa disunnahkan, begitu pula bulan Ramadhan bulan dikabulkannya doa. Imam Nawawi RA dalam Majmu menyebutkan: “Disunnahkan bagi orang yang berpuasa untuk berdoa ketika ia berpuasa dengan hal-hal penting yang terkait dengan akhirat dan dunianya untuk dirinya sendiri atau untuk orang yang ia cintai serta untuk umat Islam.” [Baca Juga: 40 Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan (Bagian 3)]

20. Melebihkan Nafkah untuk Keluarga

Disunnahkan bagi seorang muslim untuk melebihkan nafkah keluarganya di Bulan Ramadhan jika Allah membuatnya mampu. Nabi SAW adalah manusia yang paling dermawan, dan beliau lebih dermawan di Bulan Ramadhan. Ibnu Abbas mengatakan: "Rasulullah SAW lebih dermawan di Bulan Ramadhan ketika bertemu dengan Jibril." (HR Al-Bukhari-Muslim)

Imam Nawawi dalam Majmu mengatakan, disunahan bagi lelaki untuk melebihkan nafkah bagi keluarganya di Bulan Ramadhan. Dan berbuat baik kepada kerabat serta tetangga-tetangganya terlebih di sepuluh hari terakhir dari bulan Ramadhan. Orang yang dermawan di bulan Ramadhan dan memberikan nafkah yang lebih banyak kepada keluarganya ia tengah mengikuti tuntunan Nabi SAW.
(rhs)
cover top ayah
يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِذَا تَنَاجَيۡتُمۡ فَلَا تَـتَـنَاجَوۡا بِالۡاِثۡمِ وَالۡعُدۡوَانِ وَمَعۡصِيَتِ الرَّسُوۡلِ وَتَنَاجَوۡا بِالۡبِرِّ وَالتَّقۡوٰى‌ؕ وَاتَّقُوا اللّٰهَ الَّذِىۡۤ اِلَيۡهِ تُحۡشَرُوۡنَ
Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu mengadakan pembicaraan rahasia, janganlah kamu membicarakan perbuatan dosa, permusuhan dan durhaka kepada Rasul. Tetapi bicarakanlah tentang perbuatan kebajikan dan takwa. Dan bertakwalah kepada Allah yang kepada-Nya kamu akan dikumpulkan kembali.

(QS. Al-Mujadilah:9)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak