alexametrics

Mau Dapat Pahala Besar? Lakukan Ini di Bulan Ramadhan

loading...
Mau Dapat Pahala Besar? Lakukan Ini di Bulan Ramadhan
Nabi Muhammad SAW menganjurkan umatnya untuk memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa. Foto/Istimewa
JAKARTA - Berbuka puasa adalah momen spesial bagi yang menjalankan ibadah Ramadhan. Dalam hads Qudsi disebutkan, bagi orang yang melaksanakan puasa ada dua kebahagiaan yaitu kebahagiaan ketika berbuka, dan kebahagiaan ketika bertemu dengan Rabbnya.

Al-Habib Segaf bin Ali Alaydrus dalam kitabnya “Ithaful Ikhwan” menyebutkan ada satu amalan sunnah di antara banyak sunnah Nabi di bulan Ramadhan yang pahalanya sangat mulia. Amalan ini apabila dikerjakan maka akan mendapat keutamaan besar sebagaimana dijelaskan oleh Rasulullah SAW dalam hadisnya.

Amalan yang dimaksud adalah memberi makanan berbuka bagi orang yang berpuasa. Sahabat Zaid bin Khalid al Juhani RA meriwayatkan sabda Nabi SAW: “Siapa yang memberikan makanan berbuka bagi orang yang berpuasa maka ia akan mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikit pun pahalanya.” (HR Turmudzi dan Nasai)

Para ulama mengatakan, pahala ini didapatkan walaupun dengan hanya memberikan makanan yang sedikit untuk orang yang berpuasa. Namun lebih sempurna lagi jika ia memberikan makanan yang dapat mengenyangkannya.

Di dalam hadits lain bahwa Rasulullah SAW bersabda yang artinya: “Siapa yang menyediakan makanan berbuka untuk orang yang berpuasa maka itu adalah penghapus dosanya. Dapat memerdekakannya dari api neraka, dan ia mendapatkan pahala seperti pahala orang yang berpuasa itu tanpa mengurangi sedikit pun pahalanya.

Para sahabat bertanya, tidak semua dari kita mampu memberikan makanan untuk orang yang berpuasa. Maka Nabi SAW bersabda: Allah memberikan pahala ini bagi orang yang menyediakan makanan berbuka untuk orang yang berpuasa walau pun hanya dengan sebutir kurma, seteguk air atau sehisap susu.” (HR Ibnu Khuzaimah)

Usahakan dengan sungguh-sungguh agar niatnya dalam memberi makanan itu adalah untuk mengikuti sunnah Nabi SAW dan mendapatkan pahala bukan sekadar adat yang berlangsung setiap tahun.
(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak