alexametrics

Ustaz Adi Hidayat: Perhatikan Ini Sebelum Puasa Ramadhan

loading...
Ustaz Adi Hidayat: Perhatikan Ini Sebelum Puasa Ramadhan
Ustaz Adi Hidayat memaparkan tausiyah Ramadhan di Masjid Jami Said Naum Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto/Istimewa
JAKARTA - Lusa, Kamis (17/5/2018) umat Islam di Tanah Air mulai menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Bulan yang dinanti-nanti dan selalu mendapat perhatian khusus umat Muslim di seluruh dunia.

Sebelum memasuki Ramadhan, sejatinya setiap umat Islam harus mengetahui apa saja keutamaan bulan mulia ini. Seperti apa keutamaan dan keistimewaannya? Ustaz Adi Hidayat memaparkan rahasia bulan Ramadhan dalam tausiyah singkatnya di Masjid Jami’ Sa’id Naum Tanah Abang, Jakarta Pusat, 25 Maret 2018 yang diunggah akun "Pintu Surga" di video YouTube.

Kata Ustaz Adi Hidayat, hanya di bulan Ramadhan Allah memberikan keutamaan melebihi keutamaan di bulan-bulan lainnya. Sangkin dahsyatnya keistimewaan Ramadhan, Nabi Muhammad SAW dibimbing oleh Allah SWT untuk latihan puasa sebelum memasuki Ramadhan. Apa saja keutamannya?

Pertama, bulan Ramadhan adalah satu-satunya bulan yang Allah jadikan limpahan pahala dalam setiap amalannya berlipat 10 kali lipat dari hari biasanya. Dalam hadits Al-Bukhari dari Kitabusshiyam dijelaskan: "Puasa itu ibadah yang khusus dikerjakan untuk-Ku dan Aku yang mengukur kadar pahalanya. Sedangkan setiap kebaikan yang dikerjakan pada saat itu dilipatgandakan 10 pahalanya dari hari-hari yang lainnya."

Artinya, kalau kita membaca Alquran, 1 hurufnya diganjar 10 kebaikan. Baca Alif Lam Mim (3 huruf), kita dapat 30 pahala. Di bulan Ramadhan dikalikan 10 kali lagi. Di setiap hurufnya biasanya dapat 10, di bulan Ramadhan kita mendapat 10 kali lagi. Begitu juga salat di bulan Ramadhan. Jika salat berjamaah diganjar 27 derajat, maka di bulan Ramadhan dikali 10 lagi.

"Jadi, kalau kita nanti memasuki Ramadhan tidak ada dorongan atau semangat mengerjakan amal saleh. Tidak tergerak untuk mengerjakan kebaikan, baca Quran tidak punya semangat, salat tidak tergerak untuk berjamaah, infak tidak terdorong untuk mengeluarkan harta. Maaf, maka Anda akan rugi besar pada saat itu karena kita akan menunggu untuk Ramadan berikutnya. Berita kurang baiknya tidak ada yang menjamin kita bisa hidup di Ramadhan berikutnya," terang Ustaz Adi Hidayat.

Keutamaan lain di bulan Ramadhan yaitu meningkatkan iman dan melipatgandakan pahala. "Setiap harinya pahala, malamnya pahala, siangnya pahala, sorenya pahala dan digandakan 10 kali lipat di hari biasa. Semua ini tidak ditemukan di bulan lain selain Ramadhan. Jadi mari siapkan mental dan jika tidak mencontoh amalan dan kebiasaan Nabi maka Anda akan rugi," kata Dai kelahiran Pandeglang, Banten itu.

Keutamaan lain adalah hanya di bulan Ramadhan yang waktunya sekejap hanya semalam saja. Namun pada malam itu Allah melipatgandakan pahala lebih dari 1000 bulan. "Bukan 1000 bulan, tapi lebih dari 1000 bulan. Seperti kata Allah, puasa kerjakan untuk-Ku, Aku yang memberikan pahala untuknya," papar ustaz yang pernah kuliah di UIN Syarif Hidayatullah itu. Malam yang dimaksud dikenal dengan malam Al Qadar (lailatul Qadr).

(rhs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak