alexametrics

Khutbah Idul Fitri, Pesan Damai dan Persatuan dari Quraish Shihab

loading...
Khutbah Idul Fitri, Pesan Damai dan Persatuan dari Quraish Shihab
Pesan perdamaian dan persatuan berkumandang dari khutbah M Quraish Shihab dalam rangkaian ibadah salat Idul Fitri 1438 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Minggu (25/6/2017). Foto/Kemenag
JAKARTA - Pesan perdamaian dan persatuan berkumandang dalam rangkaian ibadah salat Idul Fitri 1438 Hijriyah di Masjid Istiqlal, Minggu (25/6/2017). Melalui khutbahnya, mantan Menteri Agama M Quraish Shihab mengajak seluruh umat Islam khususnya yang hadir di Masjid Istiqlal untuk bersatu dan menghargai keberagaman.

"Kita sepakat untuk berbhinneka tunggal ika dan menyadari Islam tidak melarang kita berkelompok dan berbeda," kata Quraish saat membacakan khutbah.

Quraish mengatakan keberagaman adalah fitrah manusia. Agama Islam tidak melarang umatnya berkelompok dan berbeda. Yang dilarang dalam Islam, kata Quraish, adalah perselisihan.

Quraish melihat adanya perselisihan antar umat yang belakangan muncul ke permukaan. Dia pun mengimbau seluruh umat Islam di Indonesia untuk mengamalkan nilai-nilai luhur dalam kehidupan bermasyarakat.

"Semakin matang dan dewasa masyarakat, semakin mantan pengejawantahan nilai-nilai yang baik," kata Quraish.
(kri)
cover top ayah
وَاَيُّوۡبَ اِذۡ نَادٰى رَبَّهٗۤ اَنِّىۡ مَسَّنِىَ الضُّرُّ وَاَنۡتَ اَرۡحَمُ الرّٰحِمِيۡنَ‌
Dan ingatlah kisah Ayub, ketika dia berdoa kepada Tuhannya, "Ya Tuhanku, sungguh, aku telah ditimpa penyakit, padahal Engkau Tuhan Yang Maha Penyayang dari semua yang penyayang."

(QS. Al-Anbiya:83)
cover bottom ayah
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak