alexa snippet

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1438 H Digelar Sore Ini

Sidang Isbat Penentuan 1 Syawal 1438 H Digelar Sore Ini
Melihat hilal untuk menentukan awal bulan Syawal. Foto/Dok SINDOphoto

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) RI melalui Direktorat Jenderal Bimas Islam akan menggelar sidang isbat untuk menetapkan awal bulan Syawal 1438 H pada Sabtu (24/6/2017) mulai pukul 17.00 WIB.

Kepala Bidang Humas Kemenag RI Rosidin Karidi ‎mengatakan, sidang isbat diawali dengan pemaparan pakar astronomi mengenai posisi hilal.

"Mulai jam lima (sore) akan dengan pemaparan biasa oleh pakar astronomi. Paparan soal posisi hilal ini sampai jelang Magrib, lalu salat dan buka bersama setelah itu sidang tertutup, pemaparannya terbuka," kata Rosidin.

‎Sekadar informasi, Menag RI Luman Hakim Saifuddin dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat, bersama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin dan Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher.

Sidang isbat kali ini dilaksanakan di Auditorium HM Rasjidi Kemenag RI pada pukul 17.00 WIB. Berdasarkan informasi yang dihimpun, sidang akan dihadiri duta besar negara sahabat, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Dijadwalkan hadir juga Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II Kemenag, serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Kemenag juga akan menurunkan sejumlah pemantau hilal Syawal 1438 H di seluruh provinsi di Indonesia. Mereka berasal dari petugas Kanwil Kemenag dan Kemenag Kabupaten/Kota yang bekerja sama dengan Pengadilan Agama, ormas Islam, serta instansi terkait setempat.





(zik)
loading gif