alexa snippet

Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa

Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa
Hikmah Menyegerakan Berbuka Puasa/Daarul Qur'an
Tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Daarul Qur'an masih  terus istiqomah berjelajah memberikan manfaat menjelang akhir Ramadan. Kali ini Tim SOR menggelar kajian Zuhur bertempat di Masjid Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (20/6).

Kajian dipimpin langsung KH Ahmad Kosasih yang merupakan Dewan Syariah PPPA Daarul Qur’an. Ia masih membahas tentang amalan di bulan Ramadan, salah satunya adalah ibadah wajib yakni salat.

"Perlu kita catat, salat insyaAllah akan mampu menghindari kita dari perbuatan keji dan mungkar. Sedangkan, zakat akan membuat kita menjadi pribadi yang gemar berbagi, begitupun haji bahkan puasa, ada hikmah yang terkandung di dalamnya," ujar KH Ahmad Kosasih.

Ia juga menyeru jamaah yang hadir untuk menyegerakan diri berbuka puasa saat waktunya tiba. "Di antara hikmah puasa adalah kebiasaan kita menunggu saat berbuka puasa, makanan yang paling ditunggu adalah takjil. Tetapi, makna takjil yang sebenarnya adalah bersegera, artinya bersegera berbuka puasa," tuturnya.

Ia pun menyebutkan hadits Rasulullah SAW, “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Kalau saja, sambung Kosasih, menyegerakan diri untuk berbuka puasa itu sunnah, maka perkara yang wajib pastilah harusnya lebih rajin. Contohnya saja bersegera bertaubat kepada Allah. Sebab, maut hanya Allah yang mengetahui kapan dan bagaimana datangnya. Ia pun menutup akhir kajian tersebut dengan doa.

“Semoga Allah jadikan kita semua hamba-Nya yang bertaqwa, Aamiin," ujarnya.



(aww)
loading gif