Ini Alasan UTAR Malaysia Beri Megawati Gelar Doktor Honoris Causa

Senin, 02 Oktober 2023 - 16:21 WIB
loading...
Ini Alasan UTAR Malaysia Beri Megawati Gelar Doktor Honoris Causa
Penyerahan ijazah dilaksanakan dalam seremoni terbuka di Kampus UTAR, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (2/10/2023).
A A A
JAKARTA - Universiti Tunku Abdul Razak (UTAR) Malaysia menganugerahkan gelar doktor kehormatan atau Honoris Causa di bidang ilmu sosial kepada Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri . Penyerahan ijazah dilaksanakan dalam seremoni terbuka di Kampus UTAR, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (2/10/2023).

"Dengan kuasa diberikan kepada saya, saya dengan ini menganugerahkan ijazah kehormatan sosial sains, dicror of social sciece, kepada Profesor Doktor Megawati Soekarnoputri, dengan semua hal dan keistimewaan anugerah tersebut," kata Ketua Senat Guru Besar UTAR, Tan Sri Dato' Seri Dr Ting Chew Peh dalam keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Sebelum pemberian gelar, Presiden Universiti Tunku Abdul Rahman, Prof Dato' Dr Ewe Hong Tat menyampaikan pidato mengenai pemberian gelar itu. Menurutnya, gelar Doktor Kehormatan UTAR merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh universitas dalam mendukung kontribusi kepada masyarakat dan keberhasilan luar biasa Megawati dalam bidang pekerjaannya, yang juga secara signifikan memajukan misi dan nilai-nilai universitas.



"Penerimaan gelar doktor kehormatan ini, Prof Dr (HC) Hj Megawati sangat berarti bagi universitas; karena ini adalah gelar Doktor Kehormatan Ilmu Sosial pertama yang diberikan oleh UTAR," kata Hong Tat.

Ia menjelaskan, Megawati telah memberikan kontribusi sosial yang signifikan dan mendukung kemajuan ilmu-ilmu sosial di Republik Indonesia. Melalui inisiatifnya yang penuh dedikasi, baik di masa lalu maupun sekarang, Megawati telah membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Dan beliau telah menunjukkan pemahaman yang mendalam mengenai isu-isu yang mempengaruhi masyarakat dan komunitas," ujarnya.

Selain itu, Megawati juga dinilai telah mengatasi banyak tantangan sepanjang kariernya. Hasil dari tantangan ini mencerminkan pemikiran dan kepeduliannya terhadap masyarakat dan kesejahteraan mereka dalam menghadapi kemajuan.

"Beliau telah memberikan teladan nyata bagi perempuan dengan mengatasi norma dan persepsi, dan dengan melibatkan diri secara aktif dalam upaya memberikan pelayanan kepada masyarakat dan bangsa," katanya.

Hong Tat menilai Megawati juga telah membantu mendorong perdamaian dan pertumbuhan regional, serta memperkuat hubungan bilateral antara Malaysia dan Indonesia. Di bawah pemerintahan Megawati saat jadi presiden, Indonesia mendukung Deklarasi ASEAN tentang Aksi Bersama pada 2001 untuk melawan terorisme, menandatangani MoU tentang penyediaan gas alam ke Malaysia, dan pembentukan konsorsium untuk meningkatkan harga karet di pasar internasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1249 seconds (0.1#10.140)