alexa snippet

4 Golongan Manusia Yang Dirindukan Surga

4 Golongan Manusia Yang Dirindukan Surga
Di pengujung Ramadan, karyawan PT Sari Enesis Indah, Cikarang, Selasa (20/6), tetap menuntut ilmu dari kajian Zuhur yang digelar tim Spirit of Ramadan (SOR) PPPA Darul Qur’an. Kajian SOR kali ini langsung diisi oleh Pengasuh Rumah Tahfizh Center (RTC) PPPA Daarul Qur’an Ustad Sholehuddin.

Ustaz Sholeh membahas hadits Rasulullah SAW tentang empat golongan manusia yang dirindukan surga. Menurutnya, mereka yang dinanti surga adalah orang-orang yang senantiasa membaca Alqur’an. Namun bukan hanya sekadar membacanya tetapi juga mentadaburi, memahami kemudian mengamalkan isi kandungannya.

''Tentunya pahalanya jauh lebih baik dari pada sekadar membaca. Tanda-tanda orang yang beriman apabila mendengar ayat Alquran bergetarlah hatinya dan semakin meningkat imannya,” ujarnya.

Ia pun menceritakan sebuah kisah di zaman nabi, saat itu Rasulullah SAW menyampaikan kepada para sahabat dalam suatu majelis. “Wahai sahabat-sahabatku sebentar lagi akan datang calon penghuni surga”. Maka datanglah seorang dengan berpakaian biasa saja, orangnya pun biasa saja bahkan tak dikenal para sahabat. Tapi Rasulullah menunjukkan bahasannya, ia adalah calon penghuni surga.

''Karena penasaran akhirnya salah satu sahabat menginap di rumah calon penghuni surga tadi selama tiga hari. Padahal kebiasaan calon penghuni surga ini biasa saja. Tapi ada tiga hal yang senantiasa dijaganya yakni menjaga diri untuk tidak menyakiti orang lain, mengistiqamahkan untuk memaafkan orang lain, tidak mudah marah dan terakhir senantiasa menjaga lisan,” tutur Ustaz Sholeh.

Ia melanjutkan, manusia yang dirindu surga adalah mereka yang memberi makan orang yang sedang lapar, fakir miskin dan dhuafa. ''Untuk bersedekah, berinfak dan beramal soleh tidak perlu dipanggil Allah SWT. Keluarkanlah infak terbaik di manapun dan kapanpun. Karena harta yang kita keluarkan di jalan Allah akan berdampak baik kepada kita,” ucapnya.

Kemudian yang terakhir, kata Ustaz Sholeh, manusia yang dirindu surga adalah mereka yang berpuasa di bulan Ramadan. ''Semoga Allah predikat kepada kita semua sebagai orang yang bertaqwa di hadapan Allah SWT. Sebab, barang siapa yang berpuasa di bulan Ramadan dengan penuh iman dan keikhlasan maka diampuni dosa-dosanya, Aamiin,” uajrnya mengakhiri kajian tersebut.

Sumber: www.pppa.or.id

 



(aww)
loading gif