alexa snippet

Semangatnya Anak-anak Berlomba Menghafalkan Alquran

SEMARANG - Syiar dakwah kepada generasi muda untuk mencintai Alquran semakin gencar dilakukan PPPA Daarul Qur’an melalui kegiatan Ramadan Ceria Bersama Mobile Qur’an (MoQu). Kali ini, tim MoQu menyambangi MI Al Iman Banaran, Sekaran, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (12/6).

Sejak pukul 07.00 WIB, lapangan sekolah MI Al Iman telah dipadati ratusan siswa dan para guru. Agenda pada pagi itu diawali dengan Salat Dhuha berjamaah. Setelah melaksanakan Dhuha empat rakaat, acara dilanjutkan dengan aksi MoQu.

Seperti biasa, sudah menjadi agenda rutin dalam kegiatan MoQu selalu dibuka dengan memberikan apresiasi kepada anak-anak yang memiliki hafalan surat-surat pendek. Semangat mencintai Alquran ternyata sudah mulai tertanam dalam diri mereka, hal ini terlihat  saat Kak Abu meminta para murid untuk melafalkan surat Ad Dhuha anak-anak pun berlomba mengacungkan jari.

Suasana semakin meriah saat Kak Saber menceritakan dongeng bertema pentingnya bersyukur menerima segala karunia dari Allah. Para siswa tampak serius namun raut kegembiraan terpancar jelas saat mendengarkan dongeng yang disampaikan.

Tak jarang beberapa siswa sampai tertawa terpingkal-pingkal lantaran tingkah dan suara Kak Saber yang lucu saat bercerita. Kehadiran Si Ikhsan, boneka maskot MoQu PPPA Daarul Qur’an Semarang semakin memeriahkan suasana pagi itu.

Sejumlah siswa bahkan para guru yang ingin berfoto bersama Si Ikhsan. Untuk menambah semangat  di akhir acara, tim MoQu membagi-bagikan doorprize berupa CD Murrotal Alquran, dengan harapan dapat menambah semangat anak-anak tersebut untuk mempelajari dan mengamalkan isi dan kandungan Alquran. 

Melalui MoQu, PPPA Daarul Qur’an terus berupaya menguatkan dan menanamkan rasa cinta anak-anak terhadap Alquran. MoQu yang dibingkai dalam bentuk dongeng ini diharapakan mampu mengajak anak-anak untuk mencintai dan mengamalkan ajaran-ajaran yang terkandung di dalam Alquran sehingga tercipta generasi bangsa Indonesia yang berakhlakul karimah.

''Momentum Ramadan ini memang sangat pas untuk diisi dengan kegiatan positif. Karena itu permintaan kunjungan MoQu selama Ramadan sangat padat. Semoga melalui kegiatan ini, gema semangat mencintai dan menghafalkan Alquran semakin tertanam dalam diri anak-anak calon generasi penerus bangsa ini,” tutur Zaenul Komar, penanggung jawab Program PPPA Daarul Qur’an Semarang.





(aww)
loading gif