alexa snippet

PPPA Daarul Qur'an Tebar Iftor Jama'i dan Misi Kemanusiaan di Gaza

PPPA Daarul Quran Tebar Iftor Jamai dan Misi Kemanusiaan di Gaza
PPPA Daarul Qur'an Tebar Iftor Jama'i dan Misi Kemanusiaan di Gaza /Daarul Qur'an

GAZA - Jalur Gaza terletak di utara barat Negara Palestina berbatasan langsung dengan Mesir. Lebih dari sepuluh tahun, wilayah dengan luas 367 Km berpenduduk 2 juta jiwa itu hingga kini masih dalam kondisi diokupasi Israel.

Bahkan sejak awal Ramadan hingga kini pintu perbatasan pun tertutup, sedangkan ribuan pasien, mahasiswa tidak dapat menyeberangi perbatasan darat. Besar harapan rakyat Gaza dapat melewati perbatasan bah jembatan siratal mustaqim jika melewati perbatasan karena tidak sedikit dari mereka yang gagal alias disuruh kembali ke Gaza.

PPPA Daarul Quran Tebar Iftor Jamai dan Misi Kemanusiaan di Gaza

Krisis kemanusiaan ibarat kanker kian menggurita mencengkeram sendi-sendi kehidupan di Gaza. Dimulai dari buruknya layanan kesehatan akibat krisis obat dan krisis listrik, perekonomian lumpuh karena pasokan bahan makanan hanya dari Israel, krisis BBM, krisis bahan bantuan dan pada bulan Ramadan khususnya bantuan kemanusiaan untuk keluarga fakir dan anak yatim turun drastis.

Bertepatan pada 20 hari bulan suci Ramadan, Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur'an rutin mengadakan kegiatan keagamaan di Palestina. Salah satunya adalah gelaran buka puasa bersama, Rabu (13/6). Acara digelar di halaman Daarul Qur’an Palestina dan dihadiri ratusan anak-anak, tetangga dan pembimbing.

Jelang dua hari kemudian atau pada 10 terakhir puasa, Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an Indonesia kembali gelar buka bersama 1.000 anak Yatim dan keluarga dhuafa di kota Bait Lahiyah Utara Jalur Gaza.PPPA Daarul Quran Tebar Iftor Jamai dan Misi Kemanusiaan di Gaza

Selain program pada bulan Ramadan, yayasan di bawah bimbingan Ustaz Yusuf Mansur ini juga rutin mengadakan kegiatan kemanusiaan untuk muslim Palestina di Gaza. Salah satunya adalah pengobatan massal gratis bagi masyarakat Gaza yang diadakan satu minggu sebelum Ramadan dengan jumlah pasien tak kurang dari 800 orang.

PPPA Daarul Quran Tebar Iftor Jamai dan Misi Kemanusiaan di Gaza

Berbicara soal anak yatim, Jalur Gaza terkenal dengan besarnya jumlah anak yatim. Ini diakibatkan perang. Orang tua mereka wafat akibat perang atau karena sakit dan jumlah anak yatim setiap hari kian bertambah. Hingga kini berjumlah 28 ribu lebih anak yatim di Jalur Gaza saja, bukan Palestina secara keseluruhan. Anak yatim di Jalur Gaza 99 persen hidup di bawah garis kemiskinan di mana hidup mereka bergantung pada Negara donor seperti bantuan makanan dan lain-lain.

PPPA Daarul Quran Tebar Iftor Jamai dan Misi Kemanusiaan di Gaza

Sejak 2013 akhir, Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an membuka halaqoh atau grup anak-anak Palestina hafidz Qur’an. Saat ini sudah ada 220 santri yang tengah menghafal Qur’an.  Alhamdulillah, sekitar 40 orang anak-anak Palestina berhasil hafal Qur’an 30 juz, mayoritas dari mereka memiliki hafalan mulai dari 10 juz hingga 25 juz.

Sumber: www.pppa.or.id





(aww)
loading gif