alexa snippet

Lima Kurma ini Popular Kelezatanya

Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Kelezatan kurma sekarang sudah mendunia. Bahkan tercatat ada lima kurma yang popular karena kelezatannya. Foto : Ilustrasi
MESKI tumbuh di kawasan gurun, kepopularan kurma ternyata sudah mendunia. Dan, momen Ramadan menjadikan kurma makin dicari dan diingat orang di antara kudapan berbuka lainnya.

Dari banyaknya jenis kurma, ternyata ada lima kurma yang popular kelezatannya. Berikut ulasannya :

Thoory
Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Sering pula disebut thuri, buah ini merupakan jenis kurma sangat populer di Aljazair. Buah kurma thoory biasanya kering dengan warna cokelat kemerahan dan ketika diawetkan warnanya berubah menjadi kebiru-biruan. Kulitnya pun sangat keriput.

Khidri
Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Kurma yang satu ini paling sering digunakan sebagai kurma olahan diberi isian cokelat, almond dan sebagainya. Berwarna merah tua, tekstur kurma ini kering dan kenyal. Rasanya pun tidak begitu manis sehingga cocok dikombinasikan dengan isian yang memiliki berbagai cita rasa.

Amer Hajj
Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Kurma yang juga disebut amer hajj ini merupakan varietas kurma terkenal di Irak. Memiliki daging tebal dan bertekstur lembut dengan kulit tipis, kurma ini seringkali disebut sebagai the visitor's date karena masyarakat Irak umumnya menyajikannya sebagai kudapan bagi tamu yang datang ke rumah mereka. Ajwa Banyak yang menyebut kurma ini sebagai kurma nabi. Berwarna hitam gelap, kurma yang hanya tumbuh di Madinah ini bertekstur lembut dengan cita rasa yang tidak terlalu manis dan menyerupai kismis.

Sekkeri
Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Walaupun berwarna cokelat gelap, kurma sekkeri memiliki daging buah yang begitu lembut dan cita rasa manis yang khas. Hal tersebutlah yang membuat kurma yang hampir berbentuk bulat ini cukup mahal jika dibandingkan dengan jenis kurma lainnya.

Zaghloul
Lima Kurma ini Popular Kelezatanya
Kurma jenis ini memiliki warna merah tua dan berbentuk panjang menyerupai melinjo. Biasanya kurma satu ini disajikan sangat garing. Kurma yang banyak ditemukan di Mesir ini juga mengandung gula sangat tinggi sehingga mengering ketika disantap. Hal tersebut yang membuatnya eksklusif di Mesir dan harganya pun cukup mahal.



(bbk)
loading gif