Ini Tips Menghemat Penggunaan Data saat Buka Instagram

Minggu, 01 Oktober 2023 - 09:27 WIB
loading...
Ini Tips Menghemat Penggunaan Data saat Buka Instagram
Menelusuri semua gambar dan menonton video di Instagram dapat dengan cepat menghabiskan data. Foto/Slashgear
A A A
WASHINGTON - Instagram sangat bagus untuk berbagi gambar dan momen dengan pengguna lain. Sayangnya, menelusuri semua gambar dan menonton video dapat dengan cepat menghabiskan data .

Menurut Glenn Conner, seorang insinyur di Meta, Instagram telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembangkan waktu muat yang lebih cepat. Dalam melakukan ini, Instagram telah mengembangkan teknologi untuk memuat gambar dan video terlebih dahulu untuk mengurangi waktu muat saat menelusuri feed Instagram.

Namun, seperti dikutip dari laman slashgear, Minggu (1/10/2023), fungsi yang dimaksudkan ini juga memiliki efek yang tidak diinginkan yaitu memakan lebih banyak data. Untungnya, masih ada cara untuk mengurangi jumlah data yang digunakan Instagram.



Opsi ini secara otomatis dinonaktifkan secara default untuk pengalaman penelusuran yang lebih lancar. Salah satu caranya mengurangi penggunaan data ponsel Anda menggunakan pengaturan Penghemat Data Instagram.

Paket penghemat data Instagram mematikan pramuat video. Ini berarti waktu muat sedikit lebih lambat, namun membatasi penggunaan data hanya pada apa yang ada di layar daripada memuat multimedia di feed Anda.
Ini Tips Menghemat Penggunaan Data saat Buka Instagram


Cara untuk menghemat penggunaan data ponsel saat membuka Instagram:
1. Navigasikan ke halaman profil Anda.
2. Klik garis tiga di pojok kanan atas.
3. Ketuk Pengaturan dan privasi.
4. Gulir ke bawah dan pilih Penggunaan data dan kualitas media.
5. Alihkan opsi Penghemat Data ke kanan untuk mengaktifkannya.

Ketika opsi Penghemat Data Instagram diaktifkan, video di Instagram akan berhenti dimuat sebelumnya. Pada akhirnya, jika Anda ingin menghindari kecepatan yang lebih lambat atau biaya yang terkait dengan melebihi batas data Anda.



Cara lain untuk mengurangi penggunaan data

Cara besar lainnya untuk mengurangi penggunaan data adalah dengan melakukan tugas yang menghabiskan banyak data saat tersambung ke Wi-Fi saja. Misalnya mematikan sinkronisasi otomatis pada aplikasi dan menonaktifkan aplikasi yang tidak digunakan juga dapat menghemat data.

Selain mengaktifkan Penghemat Data di Instagram, pengguna juga dapat mengatur opsi Media resolusi tinggi ke Wi-Fi saja. Opsi ini akan menghemat data Anda saat ponsel Anda tidak terhubung ke internet dan diaktifkan secara default saat mengaktifkan opsi Penghemat data, jadi Anda tidak perlu melakukan apa pun lagi.

Bisa juga dengan menyetelnya ke Wi-Fi saja akan membuat ponsel Anda hanya mengunduh media beresolusi tinggi saat ponsel Anda terhubung ke Wi-Fi. Saat menggunakan data operator telepon Anda, Instagram akan mengunduh gambar dan video versi resolusi lebih rendah, sehingga pengalaman menjelajah Anda tidak akan banyak berubah.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1653 seconds (0.1#10.140)