Hindari Bau Mulut Saat Puasa, Ini Caranya!

Rabu, 31 Mei 2017 - 17:07 WIB
Hindari Bau Mulut Saat Puasa, Ini Caranya!
Hindari Bau Mulut Saat Puasa, Ini Caranya!
A A A
JAKARTA - Berpuasa dalam jangka waktu panjang, sekitar 14 jam per harinya selama satu bulan penuh bisa membawa perubahan terhadap tubuh. Tidak jarang menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Seperti halnya, masalah gigi dan mulut, terutama bau mulut atau halitosis.

“Selama menjalankan ibadah puasa, masalah bau mulut sering kali menimbulkan ketidaknyamanan dan hambatan dalam pergaulan sehari-hari. Saat berpuasa, rongga mulut akan lebih kering dari biasanya karena tidak ada makanan yang dikunyah selama sehari penuh sehingga produksi saliva berkurang. Hal tersebut menyebabkan bakteri anaerob penghasil belerang berkembang biak terutama pada kondisi oral hygieneburuk," kata dokter gigi dari Bamed Skin Care Drg Felicia Melati SpKGA.

Untuk meminimalisir bau mulut saat puasa, Drg Felicia menyarankan untuk menjaga kebersihan mulut dengan menyikat gigi dan lidah dengan benar dan teratur setidaknya dua kali sehari, saat sahur dan sebelum tidur di malam hari.

Berkumur dengan benar saat wudhu juga bisa mengatasi kondisi mulut yang cenderung kering sehingga hal tersebut membantu menurunkan risiko bau mulut.

"Memperbanyak konsumsi sayur dan buah serta minumlah air putih yang banyak saat sahur dan berbuka sehingga saat puasa tubuh tidak dehidrasi," jelasnya.

Hal yang tak kalah penting melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Sayang, umumnya masyarakat jarang ke dokter gigi, padahal cara ini bisa menurunkan risiko bau mulut.

"Saat pasien datang ke dokter gigi, maka mulutnya akan diperiksa secara menyeluruh dan hal yang dapat memicu halitosis dapat segera ditangani. Hal-hal yang dapat dilakukan sebelum puasa untuk menghindari halitosis, di antaranya scaling untuk membersihkan dan menghilangkan karang gigi, penambalan ataupun perawatan saraf gigi untuk mengatasi karies atau gigi berlubang, pencabutan atau ekstraksi untuk gigi berlubang yang sudah tidak memungkinkan dilakukan perawatan,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5802 seconds (0.1#10.140)