alexa snippet

Ini yang Wajib Dilakukan Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Ini yang Wajib Dilakukan Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa
Ini yang Wajib Dilakukan Agar Tetap Sehat Saat Berpuasa. (Ilustrasi).

JAKARTA - Meski telah rutin setiap tahun menjalani puasa di bulan Ramadan, namun tak jarang dari kita untuk terus belajar dan membiasakan diri dengan rutinitas baru saat berpuasa. Seperti menyantap sahur hingga menjalani salat tarawih di malam hari.

Beberapa kegiatan baru tersebut tentu tak lantas dengan mudah diterima oleh tubuh. Namun, semua dapat dibiasakan demi mendapatkan momen Ramadhan yang sehat. Dikutip dari Soundvision, berikut beberapa hal yang harus Anda lakukan agar kesehatan tetap terjaga meski sedang berpuasa.

1. Jangan lewati sahur
Nabi Muhammad SAW sangat bersukacita menjalani Ramadan dan sangat menganjurkan untuk menyantap sahur sebelum berpuasa. Meskipun Anda merasa ingin tidur lebih lama, ingatlah bahwa akan lebih baik untuk tidak melewati makan sahur karena Anda selalu bisa beristirahat saat Anda sedang berpuasa, namun Anda tidak akan bisa makan atau minum. Selain itu, dengan santap sahur, Anda juga dapat menyimpan energi agar tidak lemas dalam beraktivitas saat puasa.

2. Batasi asupan lemak
Batasi, tak perlu dihindari. Untuk mempermudah, Anda hanya perlu mengurangi makanan tradisional yang kerap disantap berlebihan saat berbuka puasa, seperti gorengan ataupun kudapan manis.

3. Ikuti aturan Nabi tentang ‘sepertiga’
Ini penting dilakukan saat bulan Ramadhan seperti sekarang ini. Kita harus berusaha untuk tidak memiliki lebih dari sepertiga makanan, sepertiga cairan dan sepertiga udara di perut kita saat makan.

4. Mengonsumsi sayur dan buah
Buah dan sayuran seringkali terlupa di hari–hari biasa, apalagi saat waktunya berpuasa seperti ini. Mengonsumsi sayur dan buah yang kaya serat dapat menambah cairan dan daya tahan pada tubuh Anda.

5. Berjalanlah setelah berbuka puasa
Sebelum Anda merasa kekenyangan setelah setelah berbuka puasa dan makan malam, lebih baik berjalan-jalan lah di sekitar blok atau di sekitar rumah Anda. Perubahan lingkungan dan paparan udara segar akan membuat Anda lebih segar dan bersemangat untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

6. Salat tarawih
Sebaiknya, saat berjalan-jalan tak lupa untuk membawa peralatan salat karena selanjutnya yang wajib Anda lakukan adalah beribadah salat tarawih. Selain menambah pahala, salat tarawih juga membuat tubuh lebih sehat karena gerakan yang cukup banyak. Ini membantu membangun konsentrasi, stamina dan juga mempererat hubungan antar sesama muslim.





(nfl)
loading gif