Ini Perbedaan Kemayoran dan Kebayoran Jakarta, Sering Keliru

Sabtu, 23 September 2023 - 12:21 WIB
loading...
Ini Perbedaan Kemayoran dan Kebayoran Jakarta, Sering Keliru
Salah satu ruas jalan di Kawasan Kemayoran. Ada perbedaan Kemayoran dan Kebayoran Jakarta yang sering dikira sama. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ada perbedaan Kemayoran dan Kebayoran Jakarta yang sering dikira sama. Terutama bagi warga di luar Jakarta yang baru datang ke ibu kota.

Kemayoran dan Kebayoran merupakan wilayah di DKI Jakarta . Namun, kedua wilayah ini memiliki asal-usul penamaan hingga lokasi yang berbeda.

Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini.

Perbedaan Kemayoran dan Kebayoran Jakarta


1. Lokasi Geografis


Kemayoran adalah salah satu kecamatan di Jakarta Pusat. Wilayah ini memiliki sejarah panjang yang dapat ditelusuri hingga masa kolonial Belanda.



Sementara itu, Kebayoran terletak di Jakarta Selatan. Wilayah ini terbagi menjadi dua kelurahan besar, yaitu Kebayoran Baru dan Kebayoran Lama.

2. Sejarah


Asal-usul nama Kemayoran berasal dari tempat tinggal Isaac de L’Ostale de Saint Martin. Dia adalah seorang Mayor anggota ekspedisi militer Belanda (VOC), yang terletak di Jalan Garuda dekat tikungan Kemayoran Gempol.

Rumah besar milik Isaac menarik perhatian masyarakat dan akhirnya kawasan tersebut disebut "Mayoran". Seiring waktu, pelafalan ini berubah menjadi "Kemayoran".



Sedangkan Kebayoran berasal dari Bahasa Betawi, yaitu "Kabayuran". Istilah ini merujuk pada tempat penyimpanan kayu bayur, yang dalam Bahasa Latin disebut pterospermum javanicum.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)