Polisi Diminta juga Fokus Atur Jalur Wisata

Selasa, 21 Juli 2015 - 12:54 WIB
Polisi Diminta juga Fokus Atur Jalur Wisata
Polisi Diminta juga Fokus Atur Jalur Wisata
A A A
JAKARTA - Komisi V DPR meminta kepolisian dan pemerintah daerah (Pemda) tidak hanya fokus mengawasi kelancaran lalu lintas di jalur mudik, tapi juga memaksimalkan pengaturan lalin di jalur wisata.

Wakil Ketua Komisi V DPR Yudi Widiana Adia mengatakan banyaknya pemudik tahun ini menuju tempat wisata akan menyebabkan kemacetan parah.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, saat libur Lebaran, jalur kawasan wisata akan macet, seperti di kawasan Puncak. Karena itu, pengaturan lalu lintas perlu dimaksimalkan. Jangan hanya di jalur mudik, tapi juga di jalur menuju kawasan wisata,” kata Yudi melalui siaran persnya kepada Sindonews di Jakarta, Selasa (21/7/2015).

Seperti diketahui, jalur menuju sejumlah kawasan wisata favorit seperti Puncak, Cisarua Bogor, Pantai Carita di Banten dan sejumlah kawasan wisata lainnya mengalami kemacetan parah dan antrean kendaraan yang panjang.

Di jalur menuju kawasan puncak pada Senin 20 Juli 2015, kemacetan parah terjadi sejak pagi hari. Para pengendara mengaku sudah terjebak kemacetan berjam-jam.

Yudi juga meminta kepolisian, Kementerian Perhubungan dan Dinas Perhubungan daerah setempat untuk mengantisipasi lonjakan penumpang saat arus balik.

Menurut dia, penanganan arus balik lebih berat ketimbang arus mudik karena ketiadaan layanan trasnportasi gratis seperti saat mudik.

Oleh karena itu, sambung dia, seluruh moda transportasi, khususnya transportasi darat harus siap. “Transportasi darat harus siap, baru dari sisi jumlah maupun kelaikannya. Jangan sampai ada bus tak laik jalan dipaksakan menjadi angkutan lebaran,” tutur Yudi.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5949 seconds (0.1#10.140)