Puluhan Ribu Warga Israel Berdemo, Tolak Rencana Netanyahu Rombak Sistem Hukum

Selasa, 14 Februari 2023 - 00:30 WIB
loading...
Puluhan Ribu Warga Israel Berdemo, Tolak Rencana Netanyahu Rombak Sistem Hukum
Puluhan Ribu Warga Israel Berdemo, Tolak Rencana Netanyahu Rombak Sistem Hukum. FOTO/Reuters
A A A
YERUSALEM - Puluhan ribu warga Israel turun ke jalan, mereka mengibarkan bendera, meniup terompet dan meneriakkan "demokrasi" dan "tidak untuk kediktatoran". Mereka melakukan aksi protes di luar gedung parlemen pada Senin (13/2/2023), ketika pemerintah PM Benjamin Netanyahu secara resmi meluncurkan rencana kontroversial untuk merombak sistem hukum negara.

Seperti dilaporkan AP, ini adalah aksi protes terbesar di luar Knesset selama bertahun-tahun dan mencerminkan perpecahan mendalam atas rencana tersebut. Perubahan yang diusulkan telah memicu demonstrasi massa selama berminggu-minggu, menuai protes dari para pemimpin bisnis berpengaruh dan mantan anggota militer.



“Mereka mendengar tangisan kita. Mereka mendengar suara kebenaran yang kuat,” kata pemimpin oposisi, Yair Lapid dari panggung di luar parlemen. "Mereka mendengarnya dan mereka takut," lanjutnya.

Netanyahu dan para pendukungnya mengatakan, perubahan yang diusulkan diperlukan untuk mengendalikan peradilan yang memiliki terlalu banyak kekuasaan. Namun, para pengkritiknya mengatakan, pemeriksaan yudisial sama saja dengan kudeta dan akan menghancurkan demokrasi Israel.

Mereka juga mengatakan bahwa Netanyahu, yang diadili atas serangkaian tuduhan korupsi, memiliki konflik kepentingan. Para pengunjuk rasa datang dari seluruh negeri. Penyelenggara mengatakan bahwa lebih dari 100.000 orang hadir.



Berkereta-kereta orang tiba di Yerusalem dengan kereta yang penuh sesak, mengalir di eskalator di stasiun kereta utama kota sambil meneriakkan, "demokrasi", bersorak dan bersiul, dan melambai-lambaikan bendera nasional.

Beberapa ratus orang lainnya berkumpul sebagai protes di Tembok Barat Yerusalem, tempat tersuci tempat orang Yahudi dapat berdoa, sebelum berbaris menuju Knesset.

Banyak pengunjuk rasa membawa bendera dan poster biru-putih Israel, mengecam apa yang mereka lihat sebagai serangan terhadap institusi demokrasi negara. "Malu! Malu!" dan “Israel tidak akan menjadi kediktatoran!” teriak mereka. Demonstrasi lain diadakan di luar sekolah di seluruh negeri.



Netanyahu dan sekutunya mulai menjabat pada bulan Desember, setelah pemilihan kelima negara itu dalam waktu kurang dari empat tahun. Pemilihan itu, seperti pendahulunya, berfokus pada kelayakan Netanyahu untuk menjabat pada saat dia menghadapi tuntutan pidana yang serius.

Netanyahu mengecam polisi, jaksa, dan hakim negara itu, dengan mengatakan dia adalah korban dari konspirasi gaya negara bagian untuk menggulingkannya. Para pengkritiknya mengatakan, dia dimotivasi oleh dendam pribadi dan kampanyenya akan menghancurkan sistem check and balance demokrasi Israel.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1421 seconds (0.1#10.140)