Bolehkah Salat Pakai Cadar dan Sarung Tangan?

Selasa, 07 Juli 2015 - 18:55 WIB
Bolehkah Salat Pakai Cadar dan Sarung Tangan?
Bolehkah Salat Pakai Cadar dan Sarung Tangan?
A A A
Pertanyaan :

Bolehkah seorang wanita melaksanakan salat dengan menggunakan cadar dan sarung tangan?

Jawab :

Jika wanita itu melaksanakan salat di dalam rumahnya atau di suatu tempat yang tidak ada orang yang melihatnya, kecuali kaum pria mahramnya maka disyariatkan baginya untuk membuka wajah, beserta kedua telapak tangannya agar kening dan hidungnya dapat menyentuh langsung pada tempat sujud, begitu juga kedua telapak tangannya.

Akan tetapi, jika ia melakukan salat di suatu tempat yang terdapat kaum pria yang bukan mahramnya, maka ia harus menutup wajahnya karena menutup wajah dihadapan pria yang bukan mahramnya wajib hukumnya dan tidak boleh baginya untuk membuka wajahnya di hadapan pria yang bukan mahram sebagaimana disebutkan dalam Alquran dan Sunah.

Menggunakan sarung tangan saat salat adalah suatu perkara yang disyari’atkan, dan ini adalah suatu perkara yang banyak dilakukan para istri sahabat, dengan dalil, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda. "Janganlah seorang wanita muhrimah (yang sedang ihram) menggunakan cadar dan jangan pula menggunakan kedua sarung itu”.

Hadits ini menjunjukkan bahwa di antara kebiasaan para wanita sahabat adalah mengenakan sarung tangan, berdasarkan ini maka dibolehkan bagi seorang wanita menggunakan sarung tangan ketika salat jika terdapat pria asing yang bukan mahramanya.

Adapun yang berhubungan dengan menutup wajah, maka hendaknya ia menutupi wajahnya itu dalam salat ketika duduk dan berdiri. Lalu, jika ia hendak sujud maka ia membuka wajahnya itu agar kening dan hidungnya menyentuh langsung pada tempat sujud.

[Durus wa Fatawa Al-Haram Al-Makki, Syaikh Ibnu Utsaimin, 2/248]
[Disalin dari Kitab Al-Fatawa Al-Jami’ah Lil Mar’atil Muslimah, edisi Indonesia Fatwa-Fatwa Tentang Wanita, Penyusun Amin bin Yahya Al-Wazan, Penerjemah Amir Hamzah Fakhruddin, Penerbit Darul Haq]
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2911 seconds (0.1#10.140)