Meriahnya Tradisi Garangao Saat Ramadan di Qatar

Rabu, 24 Juni 2015 - 07:17 WIB
Meriahnya Tradisi Garangao Saat Ramadan di Qatar
Meriahnya Tradisi Garangao Saat Ramadan di Qatar
A A A
QATAR - Datangnya bulan Ramadan disambut meriah oleh beberapa negara, seperti di Qatar. Anak-anak Qatar bersuka cita dalam sebuah festival tahunan, Garangao.

Dikutip dari Skyscanner, selepas berbuka puasa dan salat Maghrib setiap tanggal 13, 14, dan 15 Ramadan, anak laki-laki di Qatar akan tampil gagah dengan mengenakan baju arab hitam berompi merah dan bersulam emas.

Untuk melengkapi penampilan, mereka mengenakan topi kecil. Sementara, anak-anak perempuan tampil cantik dengan berbalut pakaian tradisional disdaashas berwarna cerah lengkap dengan ikatan kepala bukhing atau jilbab berwarna hitam transparan berhias benag emas.

Anak-anak tersebut nantinya akan berpawai dan bernyanyi sepanjang jalan sebelum mengunjungi rumah-rumah penduduk. Menariknya, dileher-leher mereka akan menggantung kantung kain sebagai tempat menampung sedekah berupa permen dan kue-kue dari tiap rumah yang dikunjungi.

Selanjutnya, sang pemilik rumah pun akan keluar dan memberikan makanan tradisional Qatar, mukasaraat, kacang dan halaawa atau permen. Dilansir dari Qatar Visitor, Garangao merupakan yang berasal dari kelahiran cucu Nabi Muhammad, Hassan, saat Ramadan tahun ketiga hijiriyah.
(nfl)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)