Bupati Karanganyar Persilahkan Warung Makan Buka saat Ramadan

Selasa, 16 Juni 2015 - 10:26 WIB
Bupati Karanganyar Persilahkan Warung Makan Buka saat Ramadan
Bupati Karanganyar Persilahkan Warung Makan Buka saat Ramadan
A A A
KARANGANYAR - Pemerintah Kabupaten Karanganyar memperbolehkan warung makan tetap buka dan beroperasi selama Ramadan, namun harus menjada ketertiban.

Bupati Karanganyar Juliatmono menyebutkan meski boleh beroperasi, warung makan harus menyediakan tirai penutup. Hal itu dilakukan agar warung makan itu tidak terlihat dari luar.

Sehingga tidak mempengaruhi orang-orang yang berpuasa untuk membatalkan puasanya karena terganggu warung makan yang buka.

Ia mengatakan penutup tirai itu sifatnya wajib, bagi setiap warung yang buka. Jika ditemukan warung yang buka tanpa adanya penutup maka pihaknya akan menindak tegas.

"Kita beri toleransi jika ada warung yang mau buka selama puasa berlangsung, namun jangan sampai mengganggu orang yang berpuasa," ucapnya.

Bupati juga menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk menjaga ketertiban selama bulan puasa berlangsung. Para anggota organisasi masa berbasis Islam juga dilarang untuk melakukan sweeping hingga nantinya menyebabkan hal-hal yang tidak diingkan terjadi.

Sweeping yang dilakukan oleh ormas itu, kata dia justru akan mengganggu ketertiban dan kondusifitas saat bulan puasa tiba.

"Yang terpenting yang tidak berpuasa menghormati umat Islam yang berpuasa, begitu juga sebaliknya, jika ada orang non muslim maka kita juga harus menghormati," ucap Juliatmono.

Sementara itu ribuan masyarakat dari berbagai elemen di Kabupaten Karanganyar menggelar Pawai Taaruf di Jalam Lawu Karanganyar. Mulai dari siswa Taman Kanak-kanak hingga organisasi masa berbasis Islam ikut ambil bagian dalam acara tersebut.

Acara pawai taaruf itu memang biasa di gelar di Kabupaten Karanganyar menjelamg bulan puasa tiba. Hal itu juga dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan jelang puasa tiba.

"Saat menjelang puasa itu biasanya anak muda dan anak sekolah itu melakukam hal-hal negatif, namun dengan adanya acara ini bisa mengurangi hal tersebut," ucap Ketua Panitia, Abdul Muid.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3900 seconds (0.1#10.140)