alexametrics
Photomore
Videomore

Puasa Mengajarkan Manusia Realita Kehidupan

Melaksanakan ibadah puasa dan menahan diri dari makan dan minum, serta segala yang menggoda hawa nafsu adalah bukti ketaatan kita kepada Allah. Karenanya, puasa melatih kita untuk mendekatkan diri pada ketaatan kepada Allah.

Puasa juga mengajarkan manusia tentang realita kehidupan. Meski seseorang memiliki kekayaan atau bahkan popularitas, puasa mengajarkan bahwa manusia tetaplah makhluk yang memiliki keterbatasan.

Segala yang ada pada manusia adalah milik Allah semata. Dengan berpuasa, manusia diajarkan bahwa segala sesuatu yang dimilikinya adalah semu, karena sesungguhnya segalanya adalah milik Allah semata.

(esn)
cover top ayah
وَلَوۡ شَآءَ اللّٰهُ لَجَعَلَهُمۡ اُمَّةً وَّاحِدَةً وَّلٰـكِنۡ يُّدۡخِلُ مَنۡ يَّشَآءُ فِىۡ رَحۡمَتِهٖ‌ؕ وَالظّٰلِمُوۡنَ مَا لَهُمۡ مِّنۡ وَّلِىٍّ وَّلَا نَصِيۡرٍ
Dan sekiranya Allah menghendaki niscaya Dia jadikan mereka satu umat, tetapi Dia memasukkan orang-orang yang Dia kehendaki ke dalam rahmat-Nya. Dan orang-orang yang zhalim tidak ada bagi mereka pelindung dan penolong.

(QS. Asy-Syura:8)
cover bottom ayah
Hadits of The Day
Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:

"Seorang tidak disebut mukmin saat berzina, seorang tidak disebut mukmin saat mencuri, seorang tidak disebut mukmin saat minum khamer (mabuk), dan pintu taubat akan selalu dibuka setelahnya."



(HR. Sunan Abu Dawud No. 4069)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak