alexametrics
Photomore
Videomore

Mengendalikan Diri, Hikmah Terbesar Puasa

Salah satu hikmah terbesar puasa di bulan Ramadhan adalah kemampuan mengendalikan diri. Kata puasa sendiri berarti imsak, yang bermakna menahan. Karenanya, menahan diri menjadi kunci.

Dalam dunia modern, menahan diri menjadi kunci untuk menjalani kehidupan. Untuk itu diperlukan kemampuan untuk menahan diri menghadapi godaan konsumerisme.

Untuk itu, esensi dari puasa adalah menahan diri dari segala godaan dan mengendalikan diri dari amarah. Selain itu agar kian kuat berjalan di koridor yang dirahmati oleh Allah SWT.

(esn)
cover top ayah
وَمَا يَذۡكُرُوۡنَ اِلَّاۤ اَنۡ يَّشَآءَ اللّٰهُ‌ ؕ هُوَ اَهۡلُ التَّقۡوٰى وَاَهۡلُ الۡمَغۡفِرَةِ
Dan mereka tidak akan mengambil pelajaran darinya (Al-Qur'an) kecuali (jika) Allah menghendakinya. Dialah Tuhan yang patut (kita) bertakwa kepada-Nya dan yang berhak memberi ampunan.

(QS. Al-Muddassir:56)
cover bottom ayah
Hadits of The Day
Dari Mu'adz bin Jabal bahwa Rasulullah shallallahu wa'alaihi wa sallam menggandeng tangannya dan berkata: Wahai Mu'adz, demi Allah, aku mencintaimu, aku wasiatkan kepadamu wahai Mu'adz, janganlah engkau tinggalkan setiap selesai shalat untuk mengucapkan: 

"ALLAAHUMMA A'INNII 'ALAA DZIKRIKA WA SYUKRIKA WA HUSNI 'IBAADATIK" (Ya Allah, tolonglah aku untuk selalu mengingat-Mu (berdzikir kepada-Mu), dan bersyukur kepada-Mu, serta beribadah dengan baik kepada-Mu.)"



(HR. Sunan Abu Dawud No. 1301)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak