PT KAI Gratiskan Sepeda Motor Saat Arus Balik

Kamis, 31 Juli 2014 - 17:12 WIB
PT KAI Gratiskan Sepeda Motor Saat Arus Balik
PT KAI Gratiskan Sepeda Motor Saat Arus Balik
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menggratiskan para pemilik kendaraan yang bakal menitipkan sepeda motornya untuk diangkut ke Jakarta pada saat arus balik. Hal itu dilakukan guna meningkatkan pelayanan PT KAI Selama arus mudik dan balik berlangsung.

Pada arus balik kali ini, PT KAI bekerja sama dengan operator jasa pengiriman barang Lintas Nusa Perdana (LNP). Dengan bekerja sama dengan operartor tersebut nantinya sistem pendaftaran dan pengiriman kendaraan bakal dilakukan oleh pihak swasta itu.

Kepala cabang LNP Solo, Dwi Wahyudi menyebutkan setidaknya ada tiga jatah gerbong yang bakal digratiskan oleh PT KAI dari Kota Solo. Tiga gerbong itu menurutnya bakal berangkat dari Stasiun Solo Jebres dengan kuota sebanyak 150 kendaraan.

“Kita sudah siapkan gerbong yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat,” ucapnya ketika dihubungi di Solo, Kamis (31/7/2014).

Sedangkan untuk mekanisme pendaftaraan para pemilik kendaran tinggal membawa surat kendaraan dan fotokopi identitas diri. Setelah itu kendaraan harus dikumpulkan pada H-1 pemberangkatan.

Ia menuturkan, masyarakat yang akan menitipkan kendaraannya tidak perlu memiliki tiket kereta api. Dengan kata lain, masyarakat dibebasakan untuk menggunakan berbagai moda transportasi yang ada.

“Keberangkatan perdana bakal dilakukan pada 1 Agustus, kemudian disusul hari-hari berikutnya,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Stasiun Solo Jebres, Ganjar Mairizal menyebutkan selain berhenti di Solo, nantinya kereta pengangkut kendaraan itu bakal berhenti di Stasiun Lempuyangan Jogja dan Stasiun Kutoarjo. Dari tiga stasiun itu total ada sembilan gerbong yang bakal diberangkatkan setiap harinya.

“Setelah kereta sampai di stasiun tujuan, nantinya bakal ada kereta kosong yang bakal dikirim ke Solo,” tegasnya.
(kri)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2856 seconds (0.1#10.140)