Kemenhub Klaim Kualitas Layanan Jalur Laut Meningkat

Minggu, 27 Juli 2014 - 19:28 WIB
Kemenhub Klaim Kualitas Layanan Jalur Laut Meningkat
Kemenhub Klaim Kualitas Layanan Jalur Laut Meningkat
A A A
JAKARTA - Pelayanan jalur laut pada mudik Hari Raya Idul Fitri 2014 dinilai berjalan dengan baik dibandingkan tahun sebelumnya.

Wakil Menteri Perhubungan Bambang Susantono menulai kualitas pelayanan meningkat, meski di beberapa pelabuhan masih terjadi penumpukan penumpang,

Dia berharap, tahun depan pelayanan bagi pemudik jalur laut terus mengalami peningkatan.

"Mudik kapal laut berlangsung dengan baik. Memang ada beberapa tempat terjadi penumpukan cukup tinggi karena boardingnya belum seperti yang kita harapkan. Saya harap ada norma baru tahun depan," ujar Bambang saat meninjau Posko Tingkat Nasional Angkutan Lebaran Terpadu tahun 2014, Komplek Kementerian Perhubungan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Minggu (27/7/2014).

Menurut dia, keberhasilan pelayanan mudik jalur laut ini tidak terlepas dari komunikasi yang dilakukan oleh pihak pelabuhan dengan pihak terkait lainnya.

Misalnya seperti di Kalimantan, Bambang mencontohkan, pihak pelabuhan telah berkomunikasi dengan perkebunan dan industri besar di sana terkait jadwal cuti bersama dan pembagian tunjangan hari raya (THR) perusahaan yang bersangkutan.

Menurut dia, hal tersebut berpengaruh signifikan terhadap jumlah arus penumpang yang akan menggunakan jasa kapal laut pada hari tertentu.

"Di Kalimantan dan beberapa tempat, mereka berkomunikasi dengan pihak perkembuan dan industri besar. Kapan mereka mengeluarkan THR. Saya harap ada komunikasi lebih intens dan disebutkan pekerja mereka akan mudik naik apa," tutur Bambang.
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4102 seconds (0.1#10.140)