Ribuan Pemudik Mulai Masuk Madura

Jum'at, 25 Juli 2014 - 17:08 WIB
Ribuan Pemudik Mulai Masuk Madura
Ribuan Pemudik Mulai Masuk Madura
A A A
BANGKALAN - Ribuan pemudik hari ini sudah mulai masuk ke Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Para pemudik masuk ke Madura lewat dua jalur, yakni darat dan lautan. Untuk yang lewat daratan melintas di Jembatan Tol Suramadu.

Sedangkan yang lewat lautan naik jasa penyeberangan kapal di Pelabuhan Kamal, Bangkalan. Namun, pemudik lebih banyak lewat Jembatan Suramadu. Hingga kini, pemudik yang lewat Jembatan Suramadu masih terlihat, baik roda empat maupun roda dua.

Sesuai data yang ada pada pengelola Jembatan Suramadu, pemudik yang melintas di sana mulai mengalami peningkatan bila dibandingkan tahun kemarin. Dimana sudah mencapai 12 persen untuk mobil mulai dari H-7 sampai H-3.

Diprediksi, puncak arus mudik yang melintas di Jembatan Suramadu bakal mengalami puncaknya, pada H-1 lebaran. Hal tersebut sesuai dengan Lebaran tahun kemarin.

"Kendaraan roda empat sudah mengalami kenaikan 12 persen dari tahun lalu. Sedangkan untuk roda dua hanya mengalami kenaikan tujuh persen," terang Kepala Gerbang Jembatan Tol Suramadu, Suharyono, saat dikonfirmasi, Jumat (25/7/2014).

Dia menjelaskan, dalam arus mudik kali ini pihaknya akan memberlakukan enam lajur untuk kendaraan roda dua. Sedangkan untuk roda empat menjadi satu lajur. Ini dilakukan supaya tidak terjadi antrean panjang di loket sepeda motor.

Tidak hanya itu, pihaknya juga menerapkan tiket sistem jemput bola. Artinya, petugas akan langsung pada pengendara untuk melayani pembelian tiket supaya prosesnya cepat. Pengelola jembatan Suramadu menerjunkan 35 petugas.

"Kami meminta pada pengguna jasa jembatan Suramadu supaya berhati-hati karena arus lalu lintas sangat ramai, baik dijalur roda empat maupun roda dua," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7016 seconds (0.1#10.140)