Ratusan TKI Tiba di Bandara Adi Sumarmo Solo

Kamis, 24 Juli 2014 - 15:28 WIB
Ratusan TKI Tiba di Bandara Adi Sumarmo Solo
Ratusan TKI Tiba di Bandara Adi Sumarmo Solo
A A A
SOLO - Ratusan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dari Malaysia mulai memadati Bandara Adi Sumarmo Solo, Jawa Tengah. Para TKI itu ingin merayakan Lebaran 2014 bersama keluarga di Tanah Air.

Rombongan TKI dari Malaysia itu tiba di Terminal Kedatangan Khusus TKI Bandara Adi Sumarmo Solo, pukul 9.20 WIB. Sebelum keluar dari terminal kedatangan, para TKI ini mendapat pemeriksaan ketat dari petugas imigrasi dan bandara setempat.

Dengan menggunakan sinar x ataupun secara manual, para TKI juga menjalani pemeriksaan kelengkapan surat-surat, seperti paspor dan identitas lainnya.

Kedatangan para TKI kali ini, bertujuan untuk mengisi waktu cuti Lebaran di kampung halaman. Tahun ini, TKI yang merayakan Lebaran di kampung halaman lebih banyak dibanding tahun sebelumnya.

Selain dari Malaysia, para TKI juga banyak yang berasal dari Singapura. Mereka menumpang pesawat Air Asia dan Silk Air. Kedatangan para TKI disambut gembira sanak keluarga yang telah menunggu sejak pagi.

Sri Suliyatmi, TKI asal Boyolali, mengaku sangat senang tahun ini dapat berlebaran di kampung halaman. Sebab, tidak semua TKI dapat pulang setiap tahunnya. Namun mereka pulang dua tahun sekali.

Sementara menurut Rodli, Kasubag TU Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Semarang, puncak arus mudik kedatangan TKI ke Tanah Air mulai hari ini, hingga H-1 sebeluam Lebaran.

Dalam sehari, sedikitnya ada 120 TKI dari Singapura dan 160 TKI dari Malaysia. Puncak arus mudik TKI ini akan terus meningkat hingga hari H Lebaran nanti. Demi kelancaran, pihak bandara menyediakan terminal khusus kepulangan TKI.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3763 seconds (0.1#10.140)