Hitung kendaraan, Posko Nagreg pakai automatic traffic counter

Oleh: Oris Riswan

Senin,  5 Agustus 2013  −  16:46 WIB

Hitung kendaraan Posko Nagreg pakai automatic traffic counter

Ilustrasi. (Dok. Istimewa)

Sindonews.com - Ada yang berbeda dari Posko Pengawasan dan Pengendalian Nagreg Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Posko ini kini punya alat canggih untuk menghitung jumlah kendaraan yang melintas di jalur Nagreg.

Alat itu bernama automatic traffic counter. Lewat alat itu semua kendaraan di jalur Nagreg akan terhitung dan tercatat otomatis.

"Alat ini baru dipakai untuk arus mudik dan balik tahun ini. Alat ini baru dipakai Kemenhub, Dinas Perhubungan Jawa Barat, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung yang dipakai di sini (Nagreg)," ujar Koordinator Posko, Eric Alam Prabowo saat ditemui di posko, Senin (5/8/2013).

Dijelaskan Eric, alat itu menggunakan dua kamera yang memantau ke dua arah di jalur Nagreg. Hasil pantauan akan terlihat di layar yang ada di posko.

Dilayar, kendaraan yang melintas terpindai secara otomatis. Angka-angka pun muncul yang menggambarkan jumlah kendaraan yang melintas.

Dengan alat itu, petugas Dishub sebenarnya tidak perlu lagi menghitung kendaraan secara manual. "Tapi penghitungan manual tetap kita gunakan oleh enam petugas kita," katanya.

Menurutnya, alat itu belum digunakan secara efektif utuk pendatan kendaraan yang melintas. Saat ini baru sebatas uji coba.

"Nanti setelah arus mudik dan balik selesai, kita akan evaluasi penggunaan alat ini," jelasnya.

Jika alat itu dinilai efektif, kemungkinan alat itu akan dipakai untuk menghitung kendaraan di jalur Nagreg saat arus mudik dan balik tahun depan.

"Kalau dipakai, tentu petugas penghitung manual tidak akan ada dan mereka akan mengerjakan tugas yang lain untuk memaksimalkan tugas Dishub," tuturnya.

Terkait pengadaan, Eric mengatakan, alat itu ada dibawah kewenangan Dishub Kabupaten Bandung. Tapi ia mengaku tidak tahu persis berapa harga alat itu. (mhd)

views: 897x
RSS My Yahoo!