Menhub prediksi H-5 jadi puncak arus mudik

Oleh: Tri Ispranoto

Jum'at,  26 Juli 2013  −  15:00 WIB

Menhub prediksi H jadi puncak arus mudik

Sindonews.com - Menteri Perhuungan (Menhub) EE Mangindaan memprediksi puncak arus mudik akan berlangsung pada hari Senin 5 Agustus atau H-5 Lebaran.

"Kan tanggal 1 (Agustus) sudah pada terima gaji dan THR, jadi tanggal 2, 3, dan 4 itu sudah siap-siap. Jadi pas tanggal 5 (H-5) atau 6 (H-4) sudah mulai mudik," terangnya kepada wartawan saat ditemui di Lingkar Nagreg, Bandung, Jawa Barat, Jumat (26/7/2013).

Untuk mengantisipasi penumpukan pada saat itu, pihaknya akan memberlakukan pelarangan terhadap truk untuk melintas di jalur mudik hingga H+1 Lebaran.

Namun, tidak semua kendaraan berat tidak diizinkan melintas. Pasalnya, khusus pengangkut sembako dan pengangkut BBM masih diizinkan lewat asalkan mobil maksimal bersumbu dua.

"Dihari-hari itu kita prioritaskan untuk para pemudik. Karena kalau masih ada itu (truk) bisa bikin macet dan malah bisa membuat pemudik celaka," tuturnya.

Jika nantinya ada pengusaha yang membandel dengan menerjunkan truk pengangkut di jalur mudik maka pihaknya tidak akan segan-segan memberikan sanksi tegas.

"Nanti untuk truknya kita tahan dan ditilang. Sedangkan perusahaan atau pemiliknya akan kita beri teguran," tegasnya.

Pihaknya berahrap, mudik lebaran kali ini bisa berjalan lancar, tertib, dan aman hingga selamat sampai tujuan. (mhd)

views: 1.560x
RSS My Yahoo!