Petugas temukan pedagang jual daging sisa

Senin, 08 Juli 2013 - 09:37 WIB
Petugas temukan pedagang jual daging sisa
Petugas temukan pedagang jual daging sisa
A A A
Sindonews.com - Jelang bulan suci Ramadan petugas Dinas Peternakan melakukan razia para pedagang daging di pasar tradisional Kota Jombang, Jawa Timur.

Dalam razia itu petugas menemukan sejumlah pedagang yang menjual daging sisa kemarin yang tidak laku terjual dan disimpan dalam lemari es atau di rendam dalam air sehingga terlihat segar.

Petugas memeriksa secara detail kondisi daging yang dijual para pedagang. Hasilnya, petugas memang tidak menemukan daging berformalin atau daging sapi glonggongan, namun di beberapa kios, petugas mendapati daging yang kondisinya dingin, basah dan berair.

"Setelah diinterogasi, pedagang mengakui jika daging yang mereka jual adalah daging sisa kemarin yang belum laku sehingga disimpan dalam lemari pendingin atau direndam dalam air agar terlihat segar," kata Kepala Dinas (Kadis) Peternakan Kabupaten Jombang Baidowi di lokasi, Senin (8/7/2013).

Dalam situasi menjelang bulan puasa atau saat harga daging sedang melambung seperti sekarang, menurut baidowi, memang saat yang rawan bagi masyarakat jika membeli daging sapi maupun daging ayam.

Sebab tidak jarang, kata dia, situasi seperti ini dimanfaatkan oknum-oknum tertentu untuk mengeruk keuntungan dengan menjual daging ayam tiren, daging sapi glonggongan atau daging yang diawetkan dengan cara direndam dalam cairan formalin.

Maka itu, dia mengimbau, masyarakat untuk tidak kalah cerdik dan selalu berhati-hati dalam membeli daging. Di antaranya, jangan tergiur dengan harga daging yang jauh lebih murah dari harga umum, sebab harga yang murah biasanya menunjukkan kondisi daging tersebut tidak wajar.

Selain itu, daging yang aman teksturnya lembut dan kering, sedangkan jika berformalin lalat tidak mau hinggap pada daging tersebut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5141 seconds (0.1#10.140)