JADWAL IMSAKIYAH

Ramadan 1436 H

Terminal Pulogadung dipadati pendatang baru

Terminal Pulogadung dipadati pendatang baru
Terminal Pulogadung dipadati pendatang baru
Sindonews.com - Arus balik pemudik Lebaran di Terminal Pulogadung, Jakarta Timur, terpantau masih padat hingga di H+7 dan H+8 paska Lebaran.

Menurut catatan petugas terminal, setidaknya pada H+7 ini ada 28.620 penumpang yang tiba menggunakan 692 bus. Angka itu meningkat jika dibandingkan sehari sebelumnya, atau H+6 yang hanya mencapai 24.663 penumpang dengan menggunakan 599 bus.

"Angka tersebut merupakan jumlah tertinggi yang dialami Terminal Pulogadung pada musim mudik tahun ini. Jika dibandingkan dengan arus mudik tahun lalu yang hanya mencatat angka arus balik mencapai 22.648 penumpang dengan 628 bus," ujar Kepala terminal Pulogadung Muhammad Nur kepada wartawan, Selasa (28/8/2012).

Sebelumnya dia memprediksi, puncak arus balik di terminal Pulogadung akan terjadi pada H+3 hingga H+5 Lebaran kemarin. Namun prediksinya meleset dan yang terjadi hingga saat ini, jumlah pemudik yang datang masih cukup tinggi.

"Semula prediksi puncak arus balik tahun 2012 ini terjadi pada H+4 dan H+5 namun prediksi tersebut meleset. Walau begitu  situasi di terminal ini masih cukup kondusif," ujar Nur.

Dijelaskan Nur, hal tersebut salah diduga karena pemudik yang datang merupakan para pedagang dan non karyawan yang tidak terikat oleh hari libur perusahaan atau instansi pemerintah.

"Peningkatan jumlah penumpang arus balik tersebut juga dapat dikarenakan para pemudik yang datang membawa serta sanak saudaranya untuk mencoba peruntungan di Jakarta," tambahnya. 

Ditambahkan Nur, para pemudik merupakan wajah-wajah baru yang masih canggung dan sepertinya belum pernah ke Jakarta. Hal itu nampak sangat jelas dari gerak geriknya yang canggung dan kaku, begitu menginjakkan kakinya di terminal.

"Bahkan ketika didekati dan ditanyai, ternyata betul, mereka memang pendatang baru," ungkap Nur.


(san)
dibaca 1.307x

Share This Page

Topic Terkait :


BERITA REKOMENDASI