Hindari macet, gunakan jalur alternatif

Oleh: Angga Rosa AD

Jum'at,  17 Agustus 2012  −  11:16 WIB

Hindari macet gunakan jalur alternatif

Sindonews.com - Dua hari mendekati lebaran, kepadatan arus mudik di Jalur Semarang-Solo sudah makin parah. Agar tak terjebak macet di Semarang, pemudik diimbau menggunakan beberapa jalur alternatif yang sudah disiapkan.

Para pemudik yang melintas di wilayah kota ini khususnya yang menuju Solo, Sragen, Surabaya, dan daerah lainnya diminta memanfaatkan jalur jalur alternatif.

Kepala Dishubkombudpar Kota Salatiga Bustanul Arifin mengatakan, pihaknya dan Polres Salatiga telah menyiapkan jalur alternatif yang sudah siap dilewati pemudik.

Jalur alternatif tersebut antara lain jalur Semarang-Solo via Ambarawa, Salatiga-Yogykarta via Magelang, Salatiga-Semaran via Tuntang, Salatiga-Semarang via Bringin, Salatiga-Solo via Suruh, dan Solo-Semarang via Tapen.

"Jika arus lalulintas di jalur utama Semarang – Solo padat, kami imbau pemudik bisa memanfaatkan jalur alternatif yang telah disiapkan. Jalannya juga dalam kondisi bagus," katanya, Jumat (17/8/2012).

Sementara itu, menurut petugas Pos Pengamanan (Pospam) Lebaran Polres Salatiga Bripka Sutarto, sejak dinihari arus mudik sudah mulai terlihat. Arus lalulintas didominasi kendaraan bermotor. "Untuk mengantisipasi kemacaten arus mudik di jalur titik rawan seperti di daerah dalam kota, akan diberlakukan sistem buka tutup," jelasnya.

Kasat Lantas Polres Salatiga AKP Suwargono mengatakan, jika kemacetan sudah parah, pihaknya akan mengalihkan pemudik untuk melalui jalur alternatif.

"Meski demikian, kami tetap memberikan imbauan kepada pemudik yang melintas untuk menggunakan jalur alternatif guna menghindari kemacetan. Ini dilakukan supaya tidak terjadi kemacetan total," jelasnya.

Dia mengatakan, kendati arus mudik sudah mulai terasa, namun sejauh ini petugas belum menemui kendala. Kepadatan arus lalulintas masih bisa diatur sehingga tidak terjadi kemacetan. Jika arus mudik sudah menunjukan peningkatan yang signifikan akan memberlakukan sistem buka.

Sementara itu, dari pantauan di lapangan, arus lalulintas disejumlah titik rawan kemacetan dan kecelakaan jalur Semarang - Solo di wilayah Kota Salatiga hingga siang kemarin terlihat padat.

Arak-arakan mobil pribadi, bus, kendaraan umum, truk bermuatan berat, dan sepeda motor memadati ruas jalan itu. Namun demikian, arus lalulintas masih lancar dan belum terjadi kemacetan.

Sedang dari pantauan di Terminal Bus Tingkir, lonjakan penumpang arus mudik belum terlihat. Penumpang bus masih didominasi dengan tujuan jarak dekat. (ysw)

views: 1.352x
RSS My Yahoo!