42 Persen Pemudik Kembali ke Pulau Jawa

Rabu, 22 Juli 2015 - 17:14 WIB
42 Persen Pemudik Kembali ke Pulau Jawa
42 Persen Pemudik Kembali ke Pulau Jawa
A A A
CILEGON - Pengelola Pelabuhan Merak, PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak, mencatat baru 42 persen pemudik yang kembali dari Pulau Sumatera ke Pulau Jawa.

Berdasarkan data dari Posko Terpadu Arus Mudik dan Balik di Pelabuhan Merak, Banten, sebanyak 631.900 penumpang, 63.500 kendaraan roda dua dan 71.400 roda empat atau lebih ke Pulau Sumatera dari H-7 hingga hari H.

Sementara, yang sudah kembali ke berbagai daerah di Pulau Jawa setelah merayakan Lebaran di kampung halamannya masing masing di Pulau Sumatera mencapai 42 persen.

"Sampai saat ini baru sekitar 42 persen masyarakat yang telah melakukan arus balik, masih banyak pemudik yang belum kembali," kata General Manager PT Angkutan Sungai, Darat, dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak Yanus Lentanga, Rabu (22/7/2015).

Ia mengungkapkan, pada H+4 kemarin merupakan puncak arus balik mudik yang pertama. Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang pada puncak arus balik kedua yang diprediksi pada H+8, pihaknya melakukan koordinasi dengan pihak dishub maupun kepolisian.

"Pada H+8 atau hari Sabtu, diperkirakan lonjakan penumpang terjadi, karena hari Senin sudah mulai masuk sekolah," jelasnya

Sementara itu, pemudik pejalan kaki yang memilih menggunakan armada bus dari Terminal Terpadu Merak, yang sudah terangkut dan diantarkan ke berbagai daerah di Pulau Jawa, sebanyak 11.780 orang.

Sejak pagi tadi hingga sore hari ini, kondisi Pelabuhan Merak lengang. Tidak ada antrean kendaraan yang akan keluar dari area pelabuhan. Area gangway penumpang pejalan kaki pun tidak ada kepadatan.

Proses bongkar penumpang juga lancar di lima dermaga. Meski begitu, ratusan petugas diterjunkan untuk mengatur lalu lintas yang disebar di lima dermaga.

PILIHAN:
Rano: Saya Belum Pernah Lihat Merak Seperti Ini
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4707 seconds (0.1#10.140)