Aher: Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar

Rabu, 22 Juli 2015 - 14:39 WIB
Aher: Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar
Aher: Arus Mudik dan Balik Tahun Ini Lebih Lancar
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengklaim arus mudik dan balik Lebaran tahun ini lebih lancar dibanding tahun lalu. Namun, dia mengakui kemacetan masih terjadi di sejumlah ruas jalan.

"Mudik lebih lancar daripada tahun kemarin, ya meskipun tentu kemacetan masih mewarnai mudik kita. Kalau tidak macet ya bukan mudik lah," kata Aher di Gedung Sate, Kota Bandung, Rabu (22/7/2015).

Salah satu indikator arus mudik dan balik tahun ini lebih lancar adalah kendaraan tidak terjebak macet separah tahun-tahun sebelumnya. Hal itu salah satunya karena ada Tol Cipali yang ikut mengurai kemacetan.

"Cipali ikut memperlancar secara signifikan karena jalur utara (sekarang) terbagi dua, ada yang lewat jalur lama dan ada yang lewat jalur baru ke tol," jelasnya.

Di jalur selatan, arus lalu lintas juga relatif lebih baik dari sebelumnya. Kalaupun ada kemacetan, itu karena kondisi jalan yang menyempit ditambah dengan banyaknya jumlah kendaraan.

"Justru ketika mudik biasanya kan H-7 sudah macet. Kemarin baru H-3 atau H-4 puncaknya di kawasan selatan," kata Aher.

Tapi, Aher memiliki catatan yang harus diperbaiki dalam beberapa tahun ke depan agar setiap arus mudik dan balik lalu lintas semakin lancar.

"Kawasan selatan perlu ada terobosan kalkulus, terobosan besar, (perlu dibangun) jalan tol," ucapnya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4575 seconds (0.1#10.140)