60 CCTV Dipasang di Pelabuhan Merak

Selasa, 07 Juli 2015 - 17:13 WIB
60 CCTV Dipasang di Pelabuhan Merak
60 CCTV Dipasang di Pelabuhan Merak
A A A
CILEGON - Sebanyak 60 closed circuit television (CCTV) dipasang oleh PT Angkutan Sunga Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak, Kota Cilegon, Banten untuk memantau arus mudik di Pelabuhan Merak.

Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Merak Mario Sardadi Oetomo mengatakan, pihaknya sudah memasang sebanyak 60 kamera pengintai di sejumlah titik dari loket tiket, area parkir dermaga, dan sejumlah titik yang rawan tindak kejahatan.

"Pemasangan kamera CCTV ini untuk memudahkan pengawasan di semua sudut yang tergolong rawan di areal pelabuhan," kata Mario, Selasa (7/7/2015).

Selain itu, keberadaan CCTV ini juga untuk mengetahui stuasi arus mudik saat terjadinya lonjakan penumpang dan kepadatan arus kendaraan yang hendak menyeberang melalui Pelabuhan Merak ini.

Bahkan, lanjut Mario kamera pengintai juga akan terpasang di dalam kapal penumpang. Menurutnya, banyak potensi kejahatan di dalam kapal, seperti pencurian atau pembiusan.

Namun, untuk di luar areal pelabuhan yang kerap dijadikan kantong parkir saat terjadi kepadatan kendaraan, pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi lain seperti pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan.

Sebelumnya, Polda Banten pun memasang sebanyak 14 CCTV yang dipasang dari pintu Tol Cikupa hingga Pintu Tol Merak. CCTV dipasang di jalur mudik dan jalur wisata untuk mengontrol kendaraan yang datang dari arah Jakarta.

"Para pemudik yang menggunakan sepeda motor yang akan menuju ke Merak bisa terpantau juga. Ini bisa memantau arus yang datang dari Jakarta mulai dari Cikupa, sehingga kita bisa mempersiapkan untuk pengaturan penyeberangan di Merak," kata Dirlantas Polda Banten Kombes Pol Rudi Antariksawan.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3420 seconds (0.1#10.140)