Kerukunan Umat Beragama Harus Dijaga

Jum'at, 03 Juli 2015 - 17:30 WIB
Kerukunan Umat Beragama Harus Dijaga
Kerukunan Umat Beragama Harus Dijaga
A A A
DOLOKSANGGUL - Bupati Humbang Hasundutan (Humbahas) Maddin Sihombing meminta semua pihak agar tetap menjaga kerukunan umat beragama dan kedamaian di Humbahas.

Kerukunan dan kedamaian daerah dinilai sebagai salah satu tolak ukur dalam melanjutkan pembangunan kususnya di bidang perekonomian.

Dalam acara buka puasa bersama Polres Humbahas, Maddin mengatakan bahwa kerukunan umat beragama di Kabupaten Humbahas terjalin dengan baik. "Bahkan tidak ada gesekan-gesekan," ujar Maddin, Kamis (2/7/2015)

Selain karena lahir dari kesadaran masyarakat yang tinggi dan toleransi yang besar, ikatan sosial masyarakat juga menjadi alasan pererat kerukunan tersebut. Sehingga seluruh masyarakat termasuk para pemuka agama harus terus memperkuat kerukunan agama itu.

“Selama saya bertugas 10 tahun di Kabupaten Humbang Hasundutan ini, bisa dikatakan situasi aman dan nyaman. Ini juga tidak terlepas peran serta aparat keamanan termasuk lapisan masyarakat. Kita berharap ini dijaga dan dipelihara,” ujarnya.

Maddin optimis kerukunan tersebut dapat dijaga, terlebih daerah Humbahas merupakan daerah yang masih diikat dengan adat istiadat. Selain itu, petugas keamanan juga harus terus meningkatkan pelayanan, membangunan kesadaran hukum kepada masyarakat dengan prinsip pelayanan.

“Banyak prestasi polri di antaranya penuntasan terorisme, ISIS, dan sejumlah kasus narkoba. Dan ini harus terus ditingkatkan, terlebih saat ini Polri sudah memasuki usia yang ke 69 tahun,” katanya.

Tokoh Masyarakat Humbahas, TN Nainggolan mengaku kedewasaan toleransi masyarakat terus meningkat. Sebab pemahamantoleransi tersebut lahir dari sebuah kesadaran akan pentingnya kedamaian.

"Bukan dilakukan atas dasar keterpaksaan namun keinginan untuk menciptakan kedamaian."
(lis)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2724 seconds (0.1#10.140)