JADWAL IMSAKIYAH

Ramadan 1436 H

Jalur Pantura Masih Jadi Fokus Polri

Jalur Pantura Masih Jadi Fokus Polri
Ilustrasi mudik Hari Raya Idul Fitri (Sindophoto)
JAKARTA - Kepolsian Republik Indonesia (Polri) menggelar Rapat Kerja Teknis (Rakernis) dengan Korps Lalu lintas (Korlantas) Polri. Rapat itu untuk mempersiapkan pengamanan arus mudik jelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kan rakernis ini juga salah satu akan memantapkan kesiapan dalam rangka pengamanan dan pelaksanaan operasi ketupat khususnya dalam arus mudik dan arus balik," tutur Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti di Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK), Jakarta, Senin (22/6/2015).

Badrodin menjelaskan, jalur pantai utara (pantura) masih menjadi fokus penanganan lalu lintas di samping jalur selatan.

Menurut dia, bertambahnya tol Cikopo-Palimanan berpotensi membuat kemacetan lalu lintas bergeser dan menimbulkan kepadatan kendaraan di sejumlah wilayah, seperti Brebes, Tegal dan Pekalongan.

"Tapi bukan berarti Jawa Barat bebas macet. Tetapi dipersiapkan jangan sampai kemacetan masif maka kita upayakan perencanaan yang sebaik mungkin," tuturnya.

Badrodin menambahkan bahkan buat menangani arus mudik Lebaran, Polri mengklaim akan menerjunkan personel tambahan. Korlantas Polri, kata dia, akan menambah pos-pos pengamanan jalur mudik di sejumlah titik.

Menurut dia, tugas awal bagian Korlantas Polri adalah melakukan survei di sejumlah lokasi yang ditengarai menjadi lokasi paling banyak terjadinya kecelakaan saat mudik.

"Oleh karena itu tempat istirahat harus disiapkan. Jangan sampai (pengemudi) sekian jam harus istirahat tapi enggak ada tempat istirahat, akhirnya istirahat di pinggir jalan," tutur Badrodin. 


(dam)
dibaca 836x

Share This Page

Topic Terkait :


BERITA REKOMENDASI

Arus Balik Penumpang Berjubel di Stasiun Pekalongan
VIDEO
Arus Balik, Penumpang Berjubel di Stasiun Pekalongan
Kemacetan Mengular Jelang Exit Tol Cipali
PHOTO
Kemacetan Mengular Jelang Exit Tol Cipali